Minggu, 8 Desember 2019

Percepatan Penyerahan DIPA Diharapkan Mampu Meminimalisir Kebiasan Menumpuk Kegiatan di Akhir Tahun


Kamis, 21 November 2019 | 11:14:42 WIB


Kegiatan penyerahan DIPA di aula KPPN Provinsi Jambi
Kegiatan penyerahan DIPA di aula KPPN Provinsi Jambi / istimewa

JAMBI - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara Provinsi Jambi Supendi menyampaikan, kegiatan penyerahan DIPA di aula KPPN Provinsi Jambi, Rabu (20/11/2019), merupakan lanjutan dari penyerahan DIPA dan TKDD Tahun 2020 oleh Bapak Presiden Jokowi kepada Kementerian/Lembaga dan Kepala Daerah beberapa waktu yang lalu di Istana Negara.

Hal ini bertujuan untuk kepada setiap Pemerintah Daerah dapat segera mengesahkan APBD untuk tahun anggaran 2020, sehingga pada bulan Desember 2019 bisa melaksanakan persiapan lelang kegiatan karena alokasinya sudah ada dan pada bulan Januari 2020 bisa langsung melaksanakan pekerjaannya.

"Dalam APBN tahun 2020, tema kebijakan fiskal adalah untuk mengakselerasi daya saing melalui inovasi dan penguatan kualitas sumber daya manusia, tema tersebut sejalan dengan 5 prioritas pembangunan nasional untuk 5 tahun kedepan yang telah ditetapkan oleh Bapak Presiden Jokowi. Melalui tema tersebut, kebijakan APBN akan diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna memperkuat daya saing sebagai penggerak kemajuan Indonesia," terang Supendi.

Dengan dipercepatnya penyerahan DIPA ini, kata Supendi, diharapkan seluruh pemerintah daerah agar segera menyusun dan mengesahkan APBDnya diakhir bulan November ini. Supaya, lanjutnya, bulan Desember nanti sudah dapat membuat perencanaan persiapan untuk lelang. "Sehingga lelangnya bisa dilakukan, di Januari 2020 pengerjaannya," sebutnya.

Ini dimaksudkan untuk meminimalisir kebiasaan menumpuk program kerja diakhir tahun, setidaknya bisa dikurangi. "Salah satunya dengan percepatan penyerahan DIPA ini," ujar Supendi.

Selain itu, tahun 2019 ini juga masih rendahnya penerimaan pajak di Provinsi Jambi. Oleh karenanya, Supendi menghimbau untuk segera melunasi pajak-pajak yanhmg menajdu kewajibannya. "Tanpa harus menunggu akhir tahun. Supaya kembali ke daerah lebih cepat (terelisasi, red)," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, DIPA diserahkan kepada Provinsi Jambi, Kota Jambi, Muaro Jambi dan Batanghari. Sedangkan untuk Kabupaten/kota lainnya menyusul pada minggu depan.

Selanjutnya, Pengadilan Tinggi Jambi, Kejaksaan Tinggi Jambi, Korem 042/Gapu, kantor pengolahan data dan dokumen perpajakan Jambi, Balai Karantina Pertanian kelas I Jambi, Dinas Kesehatan provinsi Jambi, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, balai konservasi SDA Jambi, Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam.

Kemudian Universitas Jambi, Polda Jambi, balai pengawas obat dan makanan (BPOM) Jambi, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Jambi, perwakilan badan kependudukan dan keluarga berencana Provinsi Jambi, KPU Provinsi Jambi, kantor percarian dan pertolongan Jambi, Sekretariat Bawaslu Provinsi Jambi, RRI Jambi, dan TVRI Stasiun Jambi.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments