Rabu, 11 Desember 2019

Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung Dilanjutkan dengan Anggaran 91 Miliar


Kamis, 21 November 2019 | 16:09:53 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) akan kembali dilanjutkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi maupun Pemerintah Pusat.

Untuk tahun 2020 mendatang saja, Kementerian Perhubungan telah menganggarkan dana untuk melanjutkan pembangunan pelabuhan ini sebesar Rp 91 Miliar.

Namun menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra, sejauh ini masih belum terperinci terkait penggunaan anggaran tersebut. "Ini lagi dalam pembahasan anggaran itu untuk apa. Jadi sekarang ini kita konfirmasikan ke kawan-kawan di Kementrian, apa-apa bae, namun belum ada pembicaraan lagi apa saja kegiatan mereka," ujarnya, Kamis (21/11/2019).

Namun Varial mengatakan, berdasarkan pantauan timnya di lapangan, masih ada penimbunan di area pelabuhan yang masih kurang. Dan itu penting untuk dilakukan sebelum membangun fasilitas lainnya.

"Banyak masih, itu yang di sisi darat pelabuhan, itu kan harus ada timbunan tanah dahulu, elevasi ketinggian tanah yang masih belum rata dengan sisi lainya, Jadi harus ada timbunan dulu. Belum lagi jalan akses menuju ujung Jabung masih ada yang belum selesai lebih kurang 22 KM untuk dilaksanakan, termasuk jembatan Sungai Rambut sepanjang 617 miliar," bebernya.

Varial berharap, itu semua bisa segera ditindaklanjuti dan diperhatikan oleh Pemerintah Pusat agar pembangunan pelabuhan Ujung Jabung yang menjadi pintu perekonomian masyarakat Provinsi Jambi bisa segera beroperasi.

Sementara itu, kepala Bappeda Provinsi Jambi Doni Iskandar saat disinggung mengenai Pelabuhan Ujung Jabung menyampaikan bahwa ujung Jabung tetap menjadi prioritas pembangunan dan proyek strategis Pemprov Jambi tahun 2020.

"Untuk tahun depan Pemprov Jambi telah menganggarkan untuk pembangunan akses jalan menuju pelabuhan ujung jabung, namun ia belum bisa menyampaikan secara rinci berapa anggaran yang dikucurkan," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments