Sabtu, 11 Juli 2020

Pemkab Sarolangun Serahkan Bantuan Mobil Operasional untuk Desa Terpencil


Selasa, 26 November 2019 | 11:29:27 WIB


Bupati Sarolangun Cek Endra menyerahkan bantuan mobil operasional untuk desa terpencil
Bupati Sarolangun Cek Endra menyerahkan bantuan mobil operasional untuk desa terpencil / istimewa

SAROLANGUN - Guna mempermudah akses transportasi bagi masyarakat di daerah terpencil yang berada di Kecamatan Mandiangin dan Kecamatan Pauh, Pemerintah Kabupaten Sarolangun menyerahkan bantuan mobil operasional khusus untuk kebutuhan masyarakat.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Sarolangun Cek Endra, Senin (25/11/2019), di halaman rumah dinas Bupati Sarolangun. Bantuan diterima langsung oleh Kepala Desa setempat, didampingi Camat Mandiangin Pajardin dan Camat Pauh Jupri.

Bupati Sarolangun Cek Endra mengatakan, mobil tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan RI untuk membantu akses transportasi masyarakat yang akses jalannya masih sangat sulit di lewati.

Bantuan tersebut berupa satu unit mobil minibus untuk 10 desa di Mandiangin dalam, salah satunya Desa Petiduran Baru. Kemudian satu unit mobil pick up untuk desa spintun Kecamatan Pauh.

“Bantuan dari Kementrian Perhubungan, diserahkan di dua desa yang transportasinya masih sulit, satu di 10 desa mandiangin dalam dan kedua di Kecamatan Pauh arah ke spintun, ditempatkan mobil pick up sebagai transportasi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan angkutan murah, “kata Cek Endra.

Ia juga menjelaskan mobil transportasi tersebut nantinya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dengan meminta tarif kepada masyarakat setempat yang membutuhkan transportasi menuju ibu kota kecamatan atau ke Kabupaten.

Tarifnya pun, diminta untuk lebih murah dibandingkan tarif angkutan biasanya, karena mobil tersebut memang diperuntukkan untuk membantu masyarakat.

“Tarifnya harus lebih murah karena ini mobil rakyat, paling tarif itu hanya beli minyak dan biaya makan sopir. Saya yakin ini akan sangat membantu masyarakat kita dalam akses hubungan ibu kota kecamatan dengan desa Terpencil,” kata Cek Endra.

”Termasuk juga mobil pick up itu membantu mengangkut kebutuhan pokok masyarakat, barang-barang yang di beli dari kota sampai ke desa itu tanpa dipungut biaya. Di Spintun cocok pick up, karena jalan masih belum bagus, sehingga membutuhkan angkutan itu untuk angkutan sembako warga,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Camat Mandiangin Pajardin mengatakan bahwa setelah diserahkan ke Bumdes, mobil operasional yang diperuntukkan untuk akses transportasi masyarakat itu diharapkan agar memang benar-benar dikelola dengan baik untuk kepentingan masyarakat.

Sebab, pihaknya akan terus berupaya untuk tahun depan bantuan mobil transportasi tersebut bisa mendapatkan tambahan kembali.

“Nanti akan saya serahkan petunjuk teknis ke kepala desa, bahwa sesuai anjuran pak bupati di kelola oleh BUMDes, yang akan mengelola. Tahun ini satu mobil, Insa allah tahun depan kita usahakan dua mobil untuk Petiduran Baru,” katanya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments