Selasa, 14 Juli 2020

Sejumlah Desa di Kayu Aro Barat Diterjang Banjir Bandang, Satu Rumah Rusak Parah


Selasa, 26 November 2019 | 11:31:02 WIB


/ kolase metrojambi.com

 KERINCI - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Senin malam (25/11/2019), mengakibatkan terjadinya banjir bandang yang menerjang sejumlah desa di Kecamatan Kayo Aro Barat.

Informasi yang diperoleh metrojambi.com, banjir bandang terjadi sekira pukul 19.00 WIB. Desa yang diterjang banjir bandang diantaranya Bedeng Dua, Bedeng Delapan, dan Batu Hampar.

"Satu rumah di Desa Bedeng Dua rusak parah diterjang banjir bandang. Untuk rumah terdampak bannyak, tapi data belum ada," ujar Andarno, salah seorang warga saat dikonfirmasi.

Andarno menyebutkan, selain disebabkan hujan deras, banjir bandang juga disebabkan adanya pendangkalan dan penyempitan aliran sungai.

"Saat ini BPBD (Badan Penanggulangab Bencana Daerah) Kerinci bersama warga sedang membersihkan dan mengerok aliran sungai yang meluap tadi malam yang mengakibatkan banjir bandang," sebutnya.

Menurut mantan anggota DPRD Kerinci ini, banjir bandang ini sudah sering terjadi bahkan hampir tiap taun terjadi, rasanya sanggat perlu dilakukan pemetaan ulang pembangunan di Daerah Aliran Sungai ( DAS), termasuk normalisasi sepanjang DAS terutama di desa yang sering terkena banjir dan longsor.

"Karena sekarang memasuki musim hujan, kita minta masyarakat yang berada di aliran sungai untuk waspada terhadap bencana banjir dan longsor," pungkasnya.

Sementara itu, pihak BPBD Kabupaten Kerinci belum bisa dikonfirmasi terkait bencana banjir yang menghantam wilayah Kayu Aro Barat tersebut.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments