Jumat, 7 Agustus 2020

Bawaslu Mulai Rekrut Panwascam


Kamis, 28 November 2019 | 10:54:27 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mulai melaksanakan rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) serentak se Provinsi Jambi, Rabu (27/11/2019) kemarin. Perekrutan pengawas adhoc tingkat kecamatan ini dilakukan hingga 3 Desember.

Pimpinan Bawaslu Kota Jambi Hasbullah mengatakan, hingga saat ini sudah ada 11 orang yang mendaftar dari berbagai kecamatan yang ada.

"Kami optimis tidak akan ada kendala dalam proses perekrutan ini, mengingat posisi dan jarak yang tidak jauh. Berbeda dengan Kabupaten/kota yang lain," ujarnya.

Sementara itu, Bawaslu Provinsi Jambi akan mengawasi secara ketat proses perekrutan Panwascam ini. Mereka khawatir ada potensi personel tim sukses (timses) kandidat yang bakal bertarung di Pilkada serentak.

"Tes bagi calon Panwascam mulai dari tes tertulis sampai wawancara ini mengutamakan kemampuan dan kredibilitas dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan," kata Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi.

Asnawi memastikan bahwa Bawaslu Kabupaten/kota melakukan rekrutmen dengan fair dan tanpa titip menitip calon Panwascam.

"Kalau misalnya ada kaitan keluarga kebetulan ikut tes dan mampu dengan nilai yang baik, saya kira bisa saja terjadi. Yang penting dicatat, dia harus memiliki kemampuan dan mengikuti prosedur tes yang sudah disiapkan," ujarnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments