Senin, 9 Desember 2019

Pentingnya Pendidikan Moral Sejak Dini


Senin, 02 Desember 2019 | 22:08:01 WIB


Siswa SD 207 Kota Jambi tengah bermain di halaman sekolah
Siswa SD 207 Kota Jambi tengah bermain di halaman sekolah / metrojambi.com

JAMBI - Penanaman akhlak mulia harus ditanamkan sejak dini, agar sikap dan prilaku yang sudah tertanam selagi masih kecil bisa terus melekat dalam diri sampai kapan pun. Begitu yang dibiasakan guru dan tenaga pengajar di SDN 207 Kota Jambi.

Sekolah yang beralamat di jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Jambi Selatan ini selalu mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik demi menumbuhkan karakter yang baik untuk siswa-siswi mereka.

Wakil Kepala SDN 207 Kota Jambi, Masdalena, mengakui bagaimana pentingnya mengajarkan akhlak dan moral sejak dini kepada peserta didik.

"Mengajarkan moral serta akhlak kepada anak usia dini itu sangat penting. Karakter anak akan mudah terbentuk, sebab di usia yang masih kecil inilah anak dengan mudah merekam segala sesuatu yang baik ataupun yang tidak baik," ujarnya, Senin (2/12/2019).

Masdalena mengatakan, pendidikan itu bukan hanya memberikan ilmu secara mentah-mentah, melainkan juga mendidik untuk membangun karakter seorang anak menjadi lebih baik.

"Dalam pembentukan karakter di SDN 207 Kota Jambi ini, selalu diutamakan dengan cara dinasehatin, diberi arahan mana yang baik dan mana yang tidak baik. Guru atau tenaga pendidik tidak bosan mengingatkan kepada peserta didik dalam memberi arahan," jelasnya.

Pendidikan yang Masdelena maksud ialah pendidikan saling menghargai dan sopan santun, baik itu kepada teman dan terlebih kepada orang yang lebih tua. Pada dasarnya pendidikan itu bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ia juga mengaku bahwa dalam mengajar telah menganggap siswa-siswi seperti anaknya sendiri. "Saya berharap anak-anak ini akan sukses kelak dan bisa membanggakan orangtua dan nama sekolah," ujarnya.


Penulis: cr2
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments