Senin, 16 Desember 2019

Apif Firmansyah Kembali Dipanggil ke Persidangan Perkara Suap Pengesahan RAPBD Jambi


Selasa, 03 Desember 2019 | 08:57:03 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

JAMBI - Sidang lanjutan perkara suap "uang ketok palu" pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2017 dan 2018, Rabu (4/12/2019) besok, kembali akan digelar di Pengadilan Tipikor Jambi.

Sidang hari ini masih mengagendakan pemeriksaan saksi untuk tiga terdaksa mantan anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019, Zainal Abidin, Effendi Hatta, dan Muhammadiyah.

Informasi yang diperoleh metrojambi.com, hari ini ada sembilan orang saksi yang akan dihadirkan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke persidangan. Salah satunya adalah Apif Firmansyah, yang disebut-sebut pernah menjadi orang dekat mantan Gubernur Jambi Zumi Zola.

Seyogyanya, Apif yang kini menjadi anggota DPRD Provinsi Jambi diperiksa pada persidangan pekan lalu. Namun saat itu ia berhalangan hadir memenuhi panggilan jaksa.

Saksi lainnya yang dipanggil adalah mantan anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019, Kusnindar, Nasri Umar, dan Hasani Hamid, serta pengusaha M Imanuddin alias Iim.

Tiga mantan pimpinan DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019 juga dipanggil ke persidangan, yakni Cornelis Buston, AR Syahbandar, dan Chumaidi Zaidi. Ketiganya juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Satu orang saksi lainnya adalah Supriyono, mantan anggota DPRD Provinsi Jambi perioslde 2014-2019 yang telah menjadi erpidana dalam kasus ini.

“Ada sembilan orang saksi untuk sidang besok,” kata Nelson Freddy, penasehat hukum Zainal Abidin saat dikonfirmasi.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments