Rabu, 25 November 2020

Unja Gelar Public Lecture Berbasis Internet


Selasa, 03 Desember 2019 | 23:03:47 WIB


Foto bersama usai kuliah umum berbasis internet yang dilaksanakan di kampus Unja
Foto bersama usai kuliah umum berbasis internet yang dilaksanakan di kampus Unja / metrojambi.com

JAMBI - Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional yang biasa dikenal I4 menggelar Public Lecture atau kuliah umum di ruang senat Rektorat lantai III kampus Universitas Jambi (Unja), Selasa (03/12/2019).

Kuliah umum ini merupakan bentuk kerja sama antara komunitas ilmuan-ilmuan yang terdiri dari profesor serta doktor diseluruh dunia dan bergabung dalam Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional.

Menariknya, public lecture ini berbasis online bekerjasama dengan tiga universitas, yaitu Universitas Jambi, Universitas Lampung, dan Universitas Bengkulu dengan tema Roles Of Academia For Indonesia's Sustainable Development.

Kegiatan kuliah umum berbasis internet tahun adalah yang kelima kalinya. Kali ini pemateri yang dihadirkan berasal dari Amerika yakni, Prof Justinus Satrio BSc, MSc, PhD yang membahas tentang kimia dan farmasi.

Saat menyampaikan materinya dihadapan puluhan mahasiswa Unja, Justinus mengatakan, secara umum kegiatan ini untuk membahas peran akademisi dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

"Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menuntaskan kemiskinan dan kekurangan-kekurangan lain, menurunkan ketidakadilan, serta untuk mendorong kemajuan ekonomi serta mengatasi berbagai isu-isu," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unja, Nazarudin PhD mengatakan, kegiatan ini sudah diadakan lima kali dan setiap kegiatan tema yang dibahas selalu berbeda.

"Narasumber yang hadir diantaranya dari Amerika dan Jepang. Public Lecture kali ini membahas soal kimia dan farmasi tepatnya tentang banyaknya energi olahan bio masa. Makanya background narasumber kita kali ini adalah ahli teknik kimia," jelasnya.

Nazarudin mengatakan, kegiatan ini berada di bawah bimbingan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Ditjen Dikti) serta binaan dari Ditjen Sumber Daya Manusia dan Ditjen Belmawa.

Dikatakannya, kegiatan ini adalah salah satu bentuk bukti adaptasi kemajuan internet. "Pola pendidikan saat ini sudah berbasis internet. Bukti kemajuan internet ini, kita di Jambi, Bengkulu, Lampung serta Amerika bisa belajar bersama-sama dalam satu pembahasan," ungkapnya.

Selain itu, Nazarudin berharap akan melakukan kegiatan seperti ini lagi, seperti di bidang pertanian dan lainnya serta bisa sukses dan lancar seperti yang sudah terlaksana sampai sejauh ini.


Penulis: cr2
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments