Senin, 30 November 2020

Sarpras Belum Memadai, Ujian Semester di MAL Masih Manual


Minggu, 08 Desember 2019 | 21:57:04 WIB


Pelaksanaan ujian semester ganjil di MAL Kota Jambi masih dilakukan secara manual, karena belum memadainya sarana prasarana yang ada
Pelaksanaan ujian semester ganjil di MAL Kota Jambi masih dilakukan secara manual, karena belum memadainya sarana prasarana yang ada / metrojambi.com

JAMBI - Pemanfaatan teknologi seperti internet dan smartphone sudah sampai ke jenjang pendidikan. Hal itu dibuktikan dengan terselenggaranya ujian nasional berbasis internet di Madrasah Aliyah Laboratorium (MAL) Kota Jambi beberapa waktu lalu.

Namun, untuk ujian semester ganjil tahun akademik 2019/2020, sekolah yang berada di Telanaipura ini, masih manual dengan membagikan lembaran soal serta siswa-siswi harus menuliskan jawabannya di kertas.

Humas Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi, Andi Rusman mengatakan, untuk ujian semester kali ini masih dilakukan secara manual atau belum berbasis internet.

"Untuk ujian semester masih manual belum berbasis internet, karena sarana dan prasarana (sarpras) belum memadai. Di MA Labor ini, ujian berbasis internet masih untuk kelas 12 yang akan ujian nasional. Tahun kemarin kelas 12 nya sudah ujian menggunakan internet," ujarnya, Minggu (8/12/2019).

Andi mengatakan, jika sarana dan prasarana memadai, maka ujian semester yang akan datang tentu akan dilaksanakan menggunakan internet.

"Sekarang ini sarana dan prasarana belum siap untuk melakukan ujian semester berbasis internet, karena perlu router dan server setiap kelas yang dananya tidak sedikit. Mudah-mudahan ke depan kita bisa siapkan, karena sudah banyak sekolah juga yang menggelar ujian berbasis internet," ungkapnya.

Selain itu, Andi berharap, bisa memajukan program di dunia pendidikan sesuai aturan yang sudah ditetapkan pemerintah. "Semoga ke depan bisa terlaksana, sekarang sedang dirancang agar fasilitasnya memadai," harapnya.

Soal penggunaan ponsel dalam sistem belajar mengajar, Andi mengatakan semua tergantung pengawasan. "Tergantung pengawasan guru, pengawasan lebih diperketat lagi. Internet juga banyak sekali manfaatnya asal jangan disalahgunakan saja," ujarnya.


Penulis: cr2
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments