Minggu, 9 Agustus 2020

Turun Jabatan, Edi Kusmiran Dilantik Jadi Kabid


Senin, 09 Desember 2019 | 15:01:58 WIB


Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M Dianto siang ini, Senin (9/12/2019), melantik dan mengambil sumpah jabatan dua pejabat tinggi pratama dan administrator di lingkup Pemprov Jambi
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M Dianto siang ini, Senin (9/12/2019), melantik dan mengambil sumpah jabatan dua pejabat tinggi pratama dan administrator di lingkup Pemprov Jambi / Rina/Metrojambi.com

JAMBI - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M Dianto siang ini, Senin (9/12/2019), melantik dan mengambil sumpah jabatan dua pejabat tinggi pratama dan administrator di lingkup Pemprov Jambi. Keduanya adalah Emi Nopisah dan Edi Kusmiran.

Pelantikan berlangsung di ruang Sekda Provinsi Jambi, dan dihadiri oleh Asisten I Setda Provinsi Jambi Apani, serta Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi Pahari.

Pada pelantikan ini, Emi Nopisah dikukuhkan kembali menjadi Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Provinsi Jambi. Sedangkan Edi Kusmiran demosi (turun jabatan) dari jabatan sebelumnya sebagai Kasat Pol PP Provinsi Jambi, menjadi Kepala Bagian administrasi pada Biro Pemerintahan Setda Provinsi Jambi.

Sekda Provinsi Jambi M Dianto mengatakan, pelantikan ini merupakan susulan pada pelantikan yang dilakukan oleh Gubernur Jambi kepada beberapa pejabat tinggi pratama lainnya di 25 November lalu, dikarenakan ketidakhadiran dua pejabat tersebut. Dimana saat itu Emi Nopisah sedang mengikuti kegiatan DPRD, sedangkan Edi Kusmiran mengikuti pelatihan Damkar di Qatar.

"Bu Emi Nopisah dilantik kembali jabatan yang sama karena telah melewati masa jabatannya lebih dari 5 tahun. Jadi dapat diperpanjang dengan penilaian kompetensi melalui assessment dan berkoordinasi dengan KASN," tuturnya.

Ditanyakan apakah proses pelantikan ini telah sesuai dengan prosedur dan berpedoman pada surat KASN, Dianto mengatakan pelantikan berdasarkan surat persetujuan KASN. Namun apakah sesuai dengan prosedurnya, menurutnya, mungkin telah sesuai dengan surat KASN itu sendiri.

"Saya hanya melaksanakan tugas mewakili Gubernur untuk melantik. Kalau proses ada nonjob dan demosi saya tidak dilibatkan. Saya ada surat pernyataan, tidak terlibat dalam hal ini. Mungkin karena saya mau pindah, jadi tidak dilibatkan," ungkapnya.

Dianto pun berharap, amanah yang diberikan kepada dua pejabat yang dilantik, dapat diemban dengan baik. Meski demikian dirinya juga mengakui, bahwa tidak mudah memegang amanah yang diberikan.

"Tetapi bukan berarti tidak mampu memegang dan menjalankan amanah yang diberikan. Saya percaya pejabat yang dilantik ini akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai jabatan yang diberikan," tandasnya.

Dengan dilantiknya Edi Kusmiran pada jabatan yang baru, maka sebagai Plt Kasatpol PP di berikan kepada Asisten I Apani.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments