Kamis, 23 Januari 2020

PK Dikabulkan, Hukuman Diding Dikurangi Dari 10 Tahun Jadi 1 Tahun


Rabu, 11 Desember 2019 | 10:57:34 WIB


/

JAMBI – Didin alias Diding, terpidana kasus narkoba yang divonis 10 tahun di tingkat kasasi kini bisa tersenyum lebar. Sebab, Mahkamah Agung (MA) mengabulkan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukannya.

Dalam putusan MA, Diding dinyatakan bersalah oleh hakim agung. Namun putusan pidana penjara yang dijatuhkan kepadanya jauh lebih ringan yaitu hanya 1 tahun penjara.

Putusan ini dibacakan pada 2 Desember 2019, dalam musyawarah majelis hakim yang dipimpin Prof. Dr. Surya Jaya, SH, M.hum selaku ketua majelis, didampingi Dr. H. Andi Samsan Nganvro, SH, MH dan Dr. Sofyan Sitompul, SH HM, selaku hakim anggota.

“Dalam amar putusannya, mengabulkan permohonan peninjauan kembali dari pemohon Didin alias Diding. Membatalkan putusan Mahkamah Agung nomor 2448K/Pid.Sus/2016 tanggal 24 Januari 2017,” jelas Yandri Roni, Humas Pengadilan Negeri Jambi, Rabu (11/12/2019(.

Selain itu, lanjutnya, hakim agung mengadili kembali, menyatakan terpidana Didin alias Diding terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja tidak melaporkan adanya tindak pidana narkotika.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama satu tahun, dikurangi dengan masa penahanan yang telah dijalani terpidana seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan,” sebut Yandri Roni, membacakan petikan putusan.

Untuk diketahui, Diding divonis MA dengan pidana 10 tahun. Dalam putusan kasasi no 2448/Pid.Sus/2016, MA mengabulkan permohonan kasasi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Jambi dan membatalkan putusan Pengadilan Tinggi (PT) Jambi No 58/Pid.Sus/2016 tanggal 15 Agustus 2016 lalu.

Kemudian MA mengadili sendiri, menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pemufakatan jahat tanpa hak melawan hukum menjual narkotika golongan I yang beratnya lebih 5 gram.

Kemudian, majelis hakim menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Didin alias Diding dengan pidana selama 10 tahun denda sebanyak 1 miliar dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti dengan pidana selama 6 bulan. Menetapkan masa penahanan dikurangi masa pidana yang dijalani.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments