Sabtu, 24 Oktober 2020

Harap Restu Ulama di Tungkal, Al Haris Gelar Safari Rohani


Selasa, 10 Desember 2019 | 21:14:09 WIB


Al Haris saat bertemu dengan salah seorang ulama di Kuala Tungkal
Al Haris saat bertemu dengan salah seorang ulama di Kuala Tungkal / istimewa

JAMBI - Cuaca cerah mengiringi perjalanan DR H Al Haris SSos MH menelusuri sudut-sudut kota Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, akhir pekan lalu. Al Haris, anak negeri Jambi yang sedang merangkai mimpi untuk bisa membangun kampung halaman tercinta itu, sengaja mengunjungi Kuala Tungkal.

Dalam perjalanan itu, Wo Haris –sapaan Al Haris-, menerima serangkaian doa dan nasehat dari para kiyai dan ulama kharismatik dari bumi Serengkuh Dayung, Serentak Ketujuan.

Safari rohani Haris dimulai dari menghadiri Haul Almukarrom Syekh Abdul Qadir Al Jailani yang bertempat di Pondok Pesantren Baqiyyatush Shalihat. Dalam acara Haul yang dihadiri ribuan jamaah itu, Al Haris mendapat doa dari Jamaah. Para jamaah dengan ramah dan penuh senyum menerima kehadiran calon pemimpin sederhana ini.

Sekitar pukul 12.00 WIB, acara Haul pun usai. Al Haris di tengah jamaah yang berkerumun menyalami, melempar senyum, menyempatkan diri bercengkrama. Ada pula yang meminta foto, bersalaman mencium tangan, bahkan ada yang tiba-tiba menyergap memberikan pelukan hangat tanda rasa cinta dan sayang terhadap calon pemimpin mereka, sungguh, ini momen membahagiakan bagi anak desa ini..

Waktu terus berlalu, Al Haris perlahan lepas dari kerumunan jamaah, lalu menuju sebuah masjid untuk melaksanakan ibadah sholat Dzuhur. Kewajiban sebagai umat islam pun telah ditunaikan, Al Haris  berkendara menuju kediaman KH. Abdullah bin H.A. Wahab, seorang ulama yang sangat khatismatik di Kuala Tungkal, setibanya dikediaman sang kiyai, Al Haris disambut dengan senyum yang menyejukkan.

"Assalamualaikum Pak Yai," ucap Alharis sambil mendekati lalu mencium tangan kiyai Wahab, sebagai tanda penghormatan.

"Waalaikumusaalam Warahmatullahi Wabarakatuh," begitu jawab tuan rumah sambil mempersilahkan Haris duduk di tempat yang telah tersedia.

Dalam pertemuan itu, Al Haris mendapat kekuatan untuk terus melangkah, sang kiyai Wahab terlihat dengan tulus ikhlas mendoakan, agar Allah Swt memberi Ridho terhadap perjuangan Al Haris..

Usai dari kediaman Kiyai Abdullah, Alharis terus menjemput restu dan doa para ulama, Bupati Merangin ini bergegas menuju kediaman Al Mukarram Ustad H Said bin KH Ismail yang bertempat di Sungai Saren Kelurahan Bram Itam Kiri Kecamatan Bram Itam. Sesampainya di rumah Ustad Said, Alharis langsung diterima Ahlul Bait.

"Insya Allah, doa dan yang Bapak Haris cita-citakan akan diijabah Allah Swt," tutur ulama kharismatik ini.

Perjalanan hari itu “menyejukkan”, dari doa dan nasehat para ulama ini, Al Haris semakin mantap untuk melangkah.

"Ulama adalah orang-terpilih, ulama adalah panutan dan penuntun, doa ulama bagi saya adalah kekuatan di luar diri, dan tak kalah penting tentu saya mengharap Ridho Allah, agar perjalanan ini menjadi keberkahan dan kebaikan untuk orang banyak," ujar Al Haris, Calon Gubernur Jambi yang menggalakkan Pendidikan Subuh dan Subuh Berjamaah bagi kalangan pelajar di Kabupaten Merangin ini. (*)


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments