Sabtu, 18 Januari 2020

Pemprov Jambi Akan Terapkan Aplikasi Sistem Perjalanan Dinas Online


Kamis, 12 Desember 2019 | 11:22:07 WIB


Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Nurachmat Herlambang
Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Nurachmat Herlambang / dok/metrojambi.com

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menerapkan aplikasi Sistem Perjalanan Dinas Online (Sipa'do) untuk mempercepat proses administrasi dan pelaporan perjalanan dinas bagi pejabat, staf dan pegawai tidak tetap.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Nurachmat Herlambang di Jambi, Rabu (11/12) mengatakan dengan penggunaan aplikasi "Sipa'do" dapat diketahui realisasi anggaran kegiatan perjalanan dinas dan rekapitulasi pelaksanaan perjalan dinas yang telah dilaksanakan.

"Dan ke depan kami akan melakukan integrasi antara aplikasi perjalanan dinas dengan aplikasi absensi dan aplikasi dokumentasi," katanya saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi "Sipa'do".

Dikatakannya, kegiatan bimtek itu bertujuan untuk memberikan pemahaman dalam pengelolaan aplikasi "Sipa'do" yang akan diterapkan di pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota di Jambi.

"Diharapkan dengan adanya bimtek ini peserta yang hadir dapat menyampaikan kepada pimpinan tentang manfaat yang diperoleh dari aplikasi 'Sipa'do'," ujarnya.

Penerapan aplikasi dalam pengelolaan administrasi perjalanan dinas, katanya, merupakan upaya penerapan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Nurachmat juga mengatakan, dalam penerapan aplikasi "Sipa'do" itu diharapkan dapat mengurangi temuan-temuan pemeriksaan terkait perjalanan dinas, karena dengan apikasi itu penataan perjalanan dinas telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan pengelolaan arsip dokumen pertangungjawaban dapat lebih efisien dan efektif.

"Penggunaan aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah pelaksanaan administratif perjalanan dinas dan memberikan kontrol yang lebih baik atas perjalanan dinas masing-masing, yang selanjutnya akan bermuara pada peningkatan tata kelola pemerintah yang baik (good governance)," katanya menambahkan.

Selain itu Pemprov Jambi juga terus mengembangkan dan menyempurnakan berbagai sistem dan aplikasi dalam peningkatan optimalisasi tata kelola pemerintah daerah sehingga terciptanyanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments