Rabu, 28 Oktober 2020

Dinas PUPR Kerahkan Alat Berat ke Lokasi Jalan Amblas di Merangin


Kamis, 12 Desember 2019 | 21:19:08 WIB


Lokasi jalan amblas di Desa Koto Rami, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin
Lokasi jalan amblas di Desa Koto Rami, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin / metrojambi.com

BANGKO - Jalan Provinsi di Jangkat, Kabupaten Marangin amblas. Jalan antara Kota Bangko menuju dua kecamatan itu nyaris putus akibat tergerus longsor pada Kamis (12/12/19) pagi.

Jalan itu menghubungkan Bangko dan Kecamatan Jangkat dan Jangkat Timur. Akibatnya, akses penduduk dua kecamatan itu terancam lumpuh.

Jalan yang tergerus longsor itu berada di Desa Koto Rami, Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin. Saat ini kondisinya lebih setengah badan jalan amblas.

Pantauan di lokasi jalan amblas tersebut sudah di beri garis polisi dan tanda adanya jalan berbahaya. Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Merangin dan Dinas PUPR Provinsi juga tampak sudah menurunkan alat berat.

Alat berat yang diturunkan PUPR ini hanya untuk menangani tanggap daruratnya saja, sementara untuk perbaikan secara permanen akan dilakukan pada 2020 mendatang. Ini disampaikan Aspan, Kadis PUPR Merangin.

"Secara ketentuan jalan itu jalan provinsi, namanya jalan ruas Pulau Rengas Dusun Tuo. Tpai untuk mengatasi longsor, PUPR Kabupaten dan PUPR Provinsi sudah menurunkan alat untuk menangani tanggap daruratnya dulu," ujar Aspan.

Dijelaskan Aspan, di titik longsor itu sudah dipasang Policeline oleh Polsek lembah Masurai dan saat ini alat berat sedang di mobilisasi untuk bekerja.

"Sementara untuk pengerjaan atau perbaikan secara permanen akan dilakukan pada 2020, masuk di dalam alokasi dana Rp8 Miliar penanganan longsor mulai dari simpang Pulau Rengas sampai Jangkat," Jelas Aspan.

Sebelumnya, mendengar kabar ada ruas jalan yang longsor, Bupati Merangin Al Haris langsung bergerak cepat. Dirinya langsung menginstruksikan Kadis PUPR Kabupaten Merangin Aspan untuk turun ke lapangan membawa alat berat.

Kepada sejumlah awak media, Al Haris menyebutkan, jika ruas jalan yang longsor tersebut harus segera diperbaiki. Apalagi jalan yang longsor itu merupakan akses vital bagi warga Kecamatan Jangkat dan Jangkat Timur.

"Tadi pagi saya langsung telepon Pak Aspan (Kadis PUPR Merangin,red) dan sudah saya instruksikan menurunkan alat berat ke lokasi," ujar Al Haris.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments