Rabu, 8 Juli 2020

Yuliana Fasha Raih Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2019

Wakili Jambi, Yuliana Satu-satunya Bunda PAUD dari Jambi yang diberi penghargaan

Senin, 18 November 2019 | 08:54:34 WIB


/ istimewa

JAKARTA - Kota Jambi sukses membuktikan dirinya sebagai daerah yang sangat produktif dan konsisten untuk terus berprestasi dan meraih berbagai penghargaan bergengsi.

Seolah haus untuk terus berprestasi, dalam kurun waktu beberapa waktu terakhir, Kota Jambi terus ukir prestasi membanggakan. Berbagai penghargaan dan prestasi beruntun menghampiri Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi.

Tidak mau ketinggalan, Bunda PAUD Kota Jambi Hj. Yuliana Fasha, S.E., M.Si. Ak. Ca., Senin pagi (18/11), menerima penghargaan Apresiasi Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Tingkat Nasional Tahun 2019.

Bertempat di Balai Kartini Jakarta, penganugerahan penghargaan tersebut di tandai dengan penyerahan piagam, trophy, souvenir serta penyematan pin emas Bunda PAUD yang di serahkan langsung oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Nasional Hj. Tri Suswati Tito Karnavian.

Acara yang dirangkai dengan Peluncuran Program Penguatan Pendidikan Karakter Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini itu, turut pula dihadiri Ibu Wury Estu Handayani (Istri Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin), Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Muhajir Effendi, serta Mendikbud Nadiem Makarim.

Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2019 ini hanya diserahkan kepada 6 orang Bunda PAUD Provinsi dan 23 orang Bunda PAUD Kabupaten / Kota di Indonesia. Yang paling membanggakan adalah Hj. Yuliana Fasha merupakan satu-satunya Bunda PAUD dari Provinsi Jambi yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2019 merupakan ajang apresiasi dan penganugerahan atas kinerja, serta kepedulian Bunda PAUD dari berbagai Provinsi serta Kabupaten/ Kota yang ada di Indonesia.

Istri Wapres RI, Ibu Wury Estu Handayani pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi yang sangat besar kepada seluruh Bunda PAUD yang berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut.

"Pendidikan karakter yang dilakukan saat usia dini dapat menjadi pondasi sebelum pendidikan kognitif lainnya diberikan. Oleh karena itu, peran Bunda PAUD sangat penting sekali dalam proses penanaman karakter unggul dalam anak usia dini," jelas Wury.

Pada kesempatan yang sama, Mendikbud RI, Nadiem Makarim menyampaikan bahwa pada masa kini setiap anak harus dibekali dan diperkenalkan dengan kemampuan dan adaptasi di bidang teknologi.

"Dengan bantuan teknologi kita pun dituntut untuk beradaptasi dengan cepat. Oleh karena itu kita harus membekali anak-anak kita dengan kemampuan beradaptasi yang mumpuni, kita juga harus membekali mereka dengan karakter pengetahuan dan keterampilan yang paling dibutuhkan di era sekarang dan masa depan," ungkap Nadiem Makarim.

Bunda PAUD Kota Jambi saat diwawancarai awak media menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah bersinergi bersama dirinya, membangun sistem pendidikan dan pembinaan anak usia dini di Kota Jambi.

"Alhamdulillah, saya mengucapkan terima kasih atas bantuan semua pihak, terutama dari Dinas Pendidikan Kota Jambi yang selama ini mensupport berbagai kegiatan Bunda PAUD Kota Jambi. Kami berharap kedepannya kerjasama ini akan terus terjalin dan Insya Allah kedepannya akan lebih baik lagi, sehingga tujuan kita bersama, bagaimana mendidik anak PAUD sesuai dengan pendidikan karakter yang sudah kita tanamkan sejak dini bisa tercapai," ujar Yuliana.

Seperti diketahui, capaian berbagai prestasi gemilang Kota Jambi diberbagai bidang, tidak terlepas dari kuatnya pengaruh kepemimpinan Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, dalam menahkodai nama besar Pemerintah Kota Jambi.

Berkat tangan dingin, serta didukung oleh kehadiran sosok Wakil Wali Kota Dr. dr. H. Maulana,.MKM yang memiliki satu visi bersama dirinya, Kota Jambi di Era Terkini, seolah telah menemukan momentumnya sebagai wilayah urban yang maju, modern dan gemilang dengan berbagai prestasi membanggakan.

Sebagaimana juga diketahui, Kota Jambi saat ini telah bertransformasi menjadi Kota Layak Anak (KLA). Yang lebih membanggakan adalah pada tahun 2019 ini, Kota Jambi masuk dalam jajaran daerah yang sukses meng-"upgrade" kategori daerahnya dari Pratama menjadi Madya, setelah sebelumnya pada 2018 meraih capaian KLA dengan kategori Pratama.

Kota Jambi juga dinilai telah layak ditetapkan sebagai pemerintah daerah yang memiliki kepedulian, integritas dan komitmen dalam mewujudkan pemenuhan hak-hak sipil anak. Berbagai aspek telah dipenuhi untuk mewujudkan hal tersebut, diantaranya dengan mengakomodir dan melengkapi berbagai sarana dan prasarana pendukung, seperti taman-taman bermain yang akomodatif bagi anak, sistem pendidikan dan sekolah bermutu, hingga lahirnya berbagai regulasi pendukung, seperti Perda Kota Sehat, Perda Kawasan Bebas Asap Rokok dan regulasi lainnya dalam mendukung gerakan Kota Layak Anak.

Ditambah lagi dengan tingginya angka partisipatif masyarakat dan stakeholder lainnya yang mendukung kinerja Pemkot Jambi selama ini dalam mendukung berbagai program inovasi Pemkot yang ramah bagi anak, seperti Kampung Bantar, Puskesmas Ramah Anak (PRA), Sekolah Ramah Anak (SRA), Duta Pramuka Anti Narkoba, Pembentukan Forum Anak Daerah Bumi Angso Duo Kota Jambi dan pembentukan Gugus Tugas Kota Layak Anak hingga ditingkat kelurahan.

Bunda PAUD Kota Jambi pun telah membuktikan kiprahnya dalam mewujudkan sistem pendidikan anak usia dini di Kota Jambi. Selain telah membentuk Pokja PAUD Kota Jambi antar lintas sektoral dan lintas stakeholder, Bunda PAUD yang juga Ketua TP PKK Kota Jambi ini pun telah sukses membawa anak PAUD Kota Jambi mencetak prestasi membanggakan dengan mencetak rekor dunia 5 kali berturut-turut di Kota Jambi yang tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments