Rabu, 26 Februari 2020

Kejati Jambi Selamatkan Uang Negara Rp25,52 Miliar


Jumat, 13 Desember 2019 | 10:41:25 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi selama setahun terakhir berhasil menyelamatkan uang negara senilai Rp25,52 miliar dari 31 kasus tindak pidana korupsi yang ditangani bersama jajarannya di beberapa daerah ini.

Kepala Kejati Jambi, Andi Nurwinah, di Jambi Kamis, mengatakan, dari 31 perkara tindak pidana korupsi yang ditangani kejaksaan selama 2019 yang sudah naik ke tahap penyidikan ada 22 perkara, sementara ke tahap persidangan ada sembilan dan telah melakukan eksekusi sebanyak 36 tersangka, dan dari perkara korupsi itu uang negara yang berhasil diselamatkan mencapai Rp25,525 miliar.

Selain itu, selama 2019 ada sembilan orang yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO), namun baru empat orang yang ditangkap, lima orang masih dicari, satu DPO di antaranya diperkirakan kini berada di Malaysia, dan pihak Kejati Jambi sedang berupaya memburu mereka.

Hasil kerja tahun 2019 ini mengantarkan Kejati Jambi menerima penghargaan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu.

Secara kelembagaan, katanya, Kejati Jambi memang sudah bebas dari korupsi, begitupun dengan penilaian internal dalam segala macam bentuk pelayanan dan penanganan perkara, artinya sudah dinilai tepat dan sesuai prosedur dan tidak ada penyalahgunaan kewenangan.

Diharapkan, budaya yang tidak benar di Provinsi Jambi dan dengan diterimanya penghargaan predikat WBK, sudah tidak ada lagi permainan perkara ataupun aktivitas yang menyalahi aturan, tambahnya.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments