Selasa, 28 Januari 2020

Sebelum Ditemukan Tewas Gantung Diri di Sel Tahanan, Sikap AG Berubah Sejak Terima Surat Cerai


Sabtu, 14 Desember 2019 | 13:41:36 WIB


Petugas kepolisian saat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) napi Lapas Klas IIB Muara Bulian gantung diri
Petugas kepolisian saat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) napi Lapas Klas IIB Muara Bulian gantung diri / metrojambi.com

MUARABULIAN – Seorang narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Muara Bulian, Kabupaten Batanghari berinisial AG, Sabtu (14/12/2019) pagi sekira pukul 04.30 WIB, ditemukan tewas dengan kondisi tergantung di toilet sel tahanan. AG diduga sengaja mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Pria yang memiliki tato di dada kanannya itu diduga nekat mengakhiri hidupnya karena persoalan keluarga. Sekitar sebulan yang lalu, AG diketahui menerima surat cerai dari istrinya, dan sejak saat itu sikapnya langsung berubah, dimana ia lebih banyak murung dan menjadi pendiam.

“Sejak menerima surat cerai dari istrinya, almarhum sering tampak murung. Saya sering melihat dia melamun,” ujar Kasi Binadik dan Giatja Lapas Klas IIB Muara Bulian Budi Sutiyo saat dikonfirmasi.

Peristiwa gantung diri yang dilakukan AG sempat membuat geger penghuni Lapas Klas IIB Muara Bulian. AG pertama kali ditemukan tergantung menggunakan kain sarung yang diikatkan ke terali di dalam toilet, oleh teman satu selnya.

“Ditemukan oleh temannya yang bernama Adi Winoto yang saat itu hendak mengambil wudhu,” sebut Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan, AG sudah sering kali keluar masuk penjara. Pertama kali masuk penjara, kata Budi, AG terlibat kasus curanmor. Ia kembali masuk penjara untuk kedua dan ketiga kalinya karena kasus pencurian.

"Yang keempat ini kasus penyalahgunaan narkotika golongan satu. Ia dipidana 2 tahun 6 bulan penjara," ungkapnya.

Kasus bunuh diri di Lapas Klas IIB Muara Bulian ini bukan kali pertamanya terjadi. Hal serupa juga pernah terjadi 15 tahun silam, dimana kala itu seorang napi nekat bunuh diri karena terlilit hutang.

"Enam bulan lalu ada juga napi yang mencoba bunuh diri dengan cara minum cairan pembersih toilet di kamar mandi. Akan tetapi berhasil digagalkan. Saya harap ke depannya tidak ada lagi kejadian serupa," pungkas Budi.


Penulis: chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments