Sabtu, 24 Oktober 2020

Orang Tua dan Guru Berperan Tingkatkan Minat Baca Anak


Senin, 09 Desember 2019 | 21:38:59 WIB


Salah satu upaya SDN 66 Kota Jambi meningkatkan minat baca anak adalah mengadakan literasi di lapangan sekolah
Salah satu upaya SDN 66 Kota Jambi meningkatkan minat baca anak adalah mengadakan literasi di lapangan sekolah / metrojambi.com

JAMBI - Meningkatkan minat membaca di kalangan peserta didik di sekolah ternyata tidak mudah untuk mewujudkannya. Tetapi, guru dan tenaga pengajar di SDN 66 Kota Jambi selalu berusaha mendorong siswanya agar selalu giat membaca.

Waka Kurikulum serta guru kelas di SDN 66 Kota Jambi, Ilyani Ropida mengatakan, karakter siswa-siswi dari tahun ke tahun selalu berubah.

"Saya merasakan, jauh sekali perbedaan karakter siswa zaman dulu dan sekarang. Sekarang menyuruh siswa ke perpustakaan untuk mencari buku aja banyak mainnya," ujarnya, Senin (9/12/2019).

Menurutnya, siswa-siswi sekarang lebih suka membaca cerita bergambar seperti komik daripada buku yang memberikan ilmu ke pembaca.

"Untuk membuat anak cerdas dan rajin membaca tidak sepenuhnya diberikan tugas ke guru, guru hanya mengawasi anak-anak di sekolah. Maka dari itu perlu pengawasan dan didikan juga dari orang tua saat anak di rumah," katanya.

Ilyani mengatakan, dalam satu minggu, ada satu hari SDN 66 Kota Jambi mengadakan literasi di lapangan sekolah. "Semua siswa-siswi membawa buku, membaca serta menyampaikan hasil kesimpulan dari yang mereka baca," ujarnya.

Dikatakannya, orang pintar ialah orang yang banyak membaca, kalau tidak membaca bagaimana mau mendapat ilmunya, maka dari itu, ia selalu menasehati siswanya agar rajin membaca.

"Apalagi sekarang zamannya sudah canggih, sudah serba teknologi. Anak-anak sering main gadget, padahal menurut penelitian, gadget bisa menurunkan minat membaca," ungkapnya.

Ia berharap minat baca siswa-siswi bisa meningkat. Selain guru di sekolah, orang tua juga harus berperan membantu meningkatkan minat baca siswa.

“Dengan kerja sama seperti ini, diharapkan bisa membangun dan meningkatkan minat baca di kalangan pelajar,” pungkasnya.


Penulis: cr2
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments