Rabu, 28 Oktober 2020

Bawakan Tarian Asal Kerinci, Mahasiswa Unja Tampil di Dialog Tari ISBI Bandung


Selasa, 10 Desember 2019 | 21:22:05 WIB


/ istimewa

JAMBI - Himpunan Mahasiswa Tari (Himata) Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) menggelar acara Dialog Tari VI di kampus ISBI Bandung. Kegiatan ini digelar 9-10 Desember 2019 di ISBI Bandung, Jalan Buah Batu No. 212, Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan ini menampilkan berbagai tari rakyat yang bertujuan untuk melestarikan tari rakyat yang saat ini sudah mulai terancam tertinggal dan dilupakan.

Dalam kesempatan ini, Ajeng Herdant Dwi Putri dan Monica Oktania Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Tari Universitas Jambi (Unja) menampilkan kelihaiannya di panggung ISBI, Selasa, (10/12/2019).

Ajeng dan Monic menampilkan tari dengan judul Betino (perempuan, red). "Tari karya ini berangkat atau terinspirasi dari Tari Iyoiyo dan Rentak Kudo Kerinci sebagai pijakan karya," ujar Ajeng.

Dalam tari karya yang berjudul "Betino" ini, Ajeng dan rekannya bisa merepresentasikan betino Kerinci dalam menyuarakan kesetaraan hak perempuan Kerinci pada masa milenial.

Ajeng mengaku, dalam mengikuti kegiatan Dialog Tari VI mereka hanya mempunyai waktu singkat untuk mempersiapkan penampilannya itu. "Karena ini mendadak, saya sama rekan hanya mempunyai waktu sekitar dua minggu untuk mempersiapkan dan dibantu sama dosen di kampus," katanya.

Meski demikian, Ajeng retal semangat dan bahagia sekali bisa unjuk kebolehan menampilkan tari tersebut dengan membawa nama kampus yakni Universitas Jambi.

Selain itu, Ajeng juga mengaku bangga bisa tampil di panggung Dialog Tari VI yang diadakan Himata tersebut. "Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi saya bisa tampil di sini," tambahnya.

Menurut Ajeng, ia bisa mendapatkan pengalaman dan bertemu dengan orang-orang hebat dalam kesempatan tersebut.

"Kita di sini selain mendapatkan pengalaman,  bisa bertemu sama teman baru dan orang-orang hebat melalui kegiatan ini. Tentunya kesempatan ini kami manfaatkan untuk menjalin relasi agar para seniman di sini juga bisa ke Jambi serta sharing dengan teman-teman yang berada di Jambi," tutup Ajeng.


Penulis: cr2
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments