Sabtu, 11 Juli 2020

36 Kavling Lahan Diserahkan Pemkab Sarolangun untuk Ponpes, OKP dan Ormas


Rabu, 18 Desember 2019 | 14:19:23 WIB


Penyerahan ke Ormas,OKP dan Pompes di Desa Sko Besar Pauh oleh Bupati Sarolangun Cek Endra.
Penyerahan ke Ormas,OKP dan Pompes di Desa Sko Besar Pauh oleh Bupati Sarolangun Cek Endra. / Luncai Hendri

SAROLANGUN - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun berkomitmen memperhartikan kesejahteraan pondok pesantren (Ponpes) dan juga Organisasi Kepemudaan (OKP) serta Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Hal ini ditandai dengan penyerahan lahan secara bertahap kepada Ponpes, OKP, dan Ormas yang ada di Kabupaten Sarolangun.

Untuk tahap pertama, lahan yang diberikan untuk 26 Ponpes dan 10 OKP. Lahan sebanyak 36 kavling yang merupakan lahan Hutan Tanaman Rakyat (HTR) itu berlokasikan di Desa Sko Besar, Kecamatan Pauh, Kabupaten Sarolangun.

Dalam penyerahan ini juga dilangsungkan penandatangan kerjasama antara Pemkab Sarolangun dengan Bank Jambi, serta PT Muntaz Sarolangun Makmur sebagai penampang lahan yang akan diolah oleh Pompes, Okp dan Ormas tersebut.

Bupati Sarolangun H Cek Endra, memastikan untuk tahap dua nantinya sebanyak 42 Ponpes serta OKP dan Ormas lainnya juga akan mendapat pembagian lahan.

“Untuk tahap pertama ini, ada 36 lahan yang sudah dikavling untuk 26 pompes 10 OKP. Bantuan lahan ini memang sudah menjadi komitmen kami dari awal dan hari ini kita serahkan dan langsung kita kerja sama dengan pabrik tepioka, bank jambi sebagai ponopang untuk kegiatan ekonomi yang akan dilakukan Ponpes dan OKP,” kata Cek Endra.

Cek Endra menjelaskan, lahan HTR yang diberikan kepada Pompes dan Okp serta ormas ini tidak hanya pembaghian lahan saja namun juga langsung dilakukan penandatangan kerja sama dengan pihak perusahan yang akan menampung hasil dari tanaman yang ditanam di lahan tersebut dan bank jambi yang akan mensuport dana.

“Saya yakin kalau kita lakukan dengan cara baik hasilnya akan cukup baik karena disini pemasarannya sudah ada, lahan juga sudah ada, modal juga diberikan dan tenaga ahli tanam akan kita bantu dari pemda yang akan menerjunkan para ppl untuk membantu disini,” nelas Cek Endra.

Cek Endra berkeyakinan dan juga berharap lahan yang diberikan tersebut dapat membantu kesejahteraan pondok-pondok pasantren yanga ada di Kabupaten Sarolangun serta OKP dan Ormas yang ada.

“Mudahan sinergirsitas bersama ini, lahan yang diberikan betul-betul betul memberikan dampak positif bagi kesejahteraan pasentren okp dan juga sebagai wahana untuk lahan bagi santri dan OKP untuk tempat melatih diri bagaimana cara untuk melakukan usaha,” harapnya.

Ia juga menekankan, setelah penyerahan ini para Pompes dan OKP serta Ormas untuk melakukan evaluasi setiap bulan. Ini berkaitan dengan kerjasama yang sudah ditandatangani bersama pihak perusahaan dan juga pemodal dari Bank Jambi.

“Setelah ini tindak lanjutnya setiap bulan perwakilan Pompes dan okp untuk evaluasi terhadap tidak lanjut yang sudah kita MoU hari ini bersama pihak perusahaan dan Bank Jambi. Lahan ini pertama tentu akan di lahan klering dan membutuhkan modal karena ini tidak bisa kita kerjakan dengan manual,” pintanya.

Selain itu ia juga menekankan agar dalam kegiatani ini para Ormas,Okp dan Pompes tidak menyalah gunakan penjaman modal dari pihak Bank. Dan hasil dari tanaman yang ditaman ini ke depannya harus bisa diputar dan dijadikan modal lagi dan pinjaman dari bank bisa dilunasi.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments