Jumat, 3 April 2020

Tahun Depan, SMP Masih Laksanakan Ujian Nasional


Rabu, 18 Desember 2019 | 21:49:27 WIB


Kabid SMP Disdik Kota Jambi Supardi
Kabid SMP Disdik Kota Jambi Supardi / metrojambi.com

JAMBI - Ujian Nasional (UN) merupakan sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional serta persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan pusat penilaian pendidikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan bahwa ujian nasional (UN) 2020 akan menjadi pelaksanaan ujian kelulusan yang terakhir digelar secara nasional.

Sebab, menurutnya UN yang biasa dilakukan selama ini hanya menjadi beban yang bisa menyebabkan stres bagi siswa, orangtua, dan guru.

Kabid SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi, Supardi mengatakan belum ada surat edaran dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bahwa ujian nasional sudah dihapuskan.

"Belum tau penghapusannya seperti apa, karena sampai saat ini surat edaran dari BNSP masih tetap ujian nasional, dan untuk tahun 2020 ujian nasional masih digelar dan kemungkinan ini ujian nasional terakhir," ujarnya.

Dikatakannya, menjelang UN 2020, pihaknya sudah melakukan persiapan, mulai dari pendataan siswa. "Untuk saat ini, baru sekitar 11.500 siswa-siswi SMP maupun MTs yang terdata," ungkapnya.

Supardi menyebutkan, persiapan saat ini sudah memasuki tahap penyaringan dan mengentri data Calon Peserta Ujian Nasional (CPUN). Setelah itu, masuk ke tahap validasi, untuk mengecek kebenarannya.

Menurutnya, ada beberapa kendala yang dialami karena sebagian orang tua menginginkan nama orang tua wanita (ibu) ada di ijazah anaknya, tetapi yang diharuskan nama orang tua pria (ayah).

"Karena, kalau masuk di dunia kerja, nama orang tua harus nama orang tua pria yang tertulis di ijazah. Jadi ada sebagian orang tua yang masih tetap menginginkan nama orang tua wanita yang tertulis, itu harus ada perjanjian yang ditandatangan di atas materai, kalau ada kejadian kedepannya yang tidak diinginkan kita tidak bertanggung jawab lagi," tutupnya.


Penulis: cr2
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments