Jumat, 5 Juni 2020

Siswa Juara Umum di SMP Muhammadiyah 1 Jambi Bebas Pembayaran SPP Tiga Bulan


Minggu, 22 Desember 2019 | 12:09:30 WIB


Kepala SMP Muhammadiyah 1 Janbi Aldi Mawardi saat menyerahkan hadiah kepada siswa berprestasi
Kepala SMP Muhammadiyah 1 Janbi Aldi Mawardi saat menyerahkan hadiah kepada siswa berprestasi / metrojambi.com

 JAMBI - Selain menyerahkan rapor hasil penilaian siswa, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 1 Jambi hari ini, Sabtu (21/12/2019), juga mengumumkan nama-nama siswa yang menjadi juara umum maupun juara kelas, serta pemenang berbagai perlombaan dalam kegiatan class meeting.

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Jambi Aldi Mawardi mengatakan, berbagai perlombaan sengaja digelar dalam kegiatan class meeting, untuk memberikan penyegaran kepada para siswa, termasuk majelis guru.

"Satu semester mengikuti kegiatan belajar mengajar, tentu ada rasa capek dan sebagainya. Dengan adanya class meeting, kita bisa refreshing. Tidak hanya siswa, kepala sekolah dan guru juga ikut memeriahkan kegiatan class meeting," kata Aldi saat dikonfirmasi.

"Dengan adanya class meeting, siswa dapat berbaur sehingga semakin menunbuhkan keakraban di lingkungan sekolah," ujarnya menambahkan.

Selain itu, Aldi mengatakan diadakannya class meeting untuk mencari siswa berbakat yang nantinya bisa diutus mewakili sekolah di berbagai kegiatan perlombaan.

"Dengan adanya class meeting, kita tidak perlu bersusah payah mencari anak yang bisa diikutkan lomba. Kita sudah tahu anak yang berbakat," terangnya.

Selain pemenang lomba class meeting, Aldi mengatakan pihaknya juga mengumumkan siswa yang menjadi juara umum dan juara kelas. Untuk juara umum sekolah diraih oleh Syahra Zulhiasma Khaira dari kelas VII B.

"Untuk siswa yang jadi juara umum kita bebaskan pembayaran SPP selama tiga bulan," ungkap Aldi.

Tujuannya, kata Aldi, untuk memotivasi siswa lainnya agar lebih giat belajar. Selain itu, juga untuk memotivasi orang tua agar selalu mengingatkan anaknya untuk giat belajar.

"Untuk juara kelas, biasanya hanya diumumkan di kelas. Tapi untuk kali ini diumumkan di lapangan sekolah dan maju mengambil hadih serta piagam didampingi orang tua. Semua yang dilakukan tersebut merupakan usaha sekolah untuk memotivasi siswa dan orang tua siswa supaya siswa giat  belajar," beber Aldi.

Untuk pengumuman juara literasi juga diumumkan di lapangan sekolah. "Kita memilih yang terbaik dalam literasi kelas VII hingga IX, dan dipilih siapa yang lengkap dan rapi," kata Aldi.

Untuk juara literasi diraih oleh Citra Aisyah kelas VII, Laura Fadillah kelas VIII, dan Amira Sabrina kelas IX.

Dikatakannya lagi, literasi dilakukan setiap hari dan dilakukan 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Aldi mengatakan, diumumkannya juara literasi ini supaya siswa lebih giat membaca dan meningkatkan minat baca.

"Pemberian piagam penghargaan dan hadiah kepada siswa, tujuannya agar siswa termotivasi untuk selalu berprestasi dan mengharumkan nama sekolah," tutup Aldi.


Penulis: cr2
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments