Kamis, 27 Februari 2020

Sarpras Perpustakaan Keliling Belum Memadai


Minggu, 29 Desember 2019 | 22:20:27 WIB


Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat
Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat / metrojambi.com

JAMBI - Minat baca di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi saat ini terus mengalami peningkatan. Saat ini, perhari ada sekitar 400 warga yang berkunjunga ke gedung Perpustakaan Provinsi Jambi untuk membaca buku.

Perpustakaan yang berada di jalan Poerboyo Kolopaking, Telanaipura, Kota Jambi ini memiliki misi mewujudkan pelayanan prima dalam bidang perpustakaan dan kearsipan yang baik menuju Jambi Tuntas 2021.

Kasi Pengembangan Pembudayaan Arsip Daerah Provinsi Jambi, Bahrudin Salam mengatakan, ada banyak kegiatan yang dilakukan supaya minat baca masyarakat meningkat.

"Diantaranya melakukan kegiatan promosi, pameran, serta merilis kegiatan di media, seminar-seminar, dan juga Bintek," ujarnya, Minggu (29/12/2019).

Bahrudin Salam menyebutkan, dua tahun lalu masyarakat masih enggan masuk ke perpustakaan, karena takut bayar. "Saat ini kita memfasilitasi warga untuk menjadi anggota perpustakaan dengan gratis. Syaratnya cukup pas foto dan juga identitas diri," jelas Bahrudin.

Menurutnya, di perpustakaan daerah, minat baca masih didominasi oleh mahasiswa dan pelajar. ‘’Makanya untuk meningkatkan minat baca di perpustakaan, kita mengadakan lomba kunjungan berprestasi yang dimenangkan pegawai, masyarakat, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan juga anak SD. Semoga kegiatan seperti itu bisa dilaksanakan terus," harapnya.

Dikatakannya, kendala yang dihadapi pihaknya adalah sarana dan prasarana (sarpras) yang belum memadai. "Seperti perpustakaan yang ada di daerah belum bisa dijangkau perpustakaan keliling. Sebenarnya minat masyarakat membaca itu tinggi, hanya saja perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana," ungkapnya.


Penulis: cr2
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments