Sabtu, 22 Februari 2020

Pendidikan Karakter di Kota Jambi Membaik


Rabu, 01 Januari 2020 | 22:07:21 WIB


Kabid SMP Dinas Pendidikan Kota Jambi Supardi
Kabid SMP Dinas Pendidikan Kota Jambi Supardi / metrojambi.com

JAMBI - Pendidikan karakter merupakan bagian penting dalam pembangunan jati diri. Dalam pendidikan, pembentukan karakter tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk membentuk kepribadian siswa.

Proses pembentukan karakter tersebut memberikan dampak positif terhadap pekembangan emosional, spiritualitas, dan kepribadian peserta didik.

Kabid SMP Dinas Pendidikan Kota Jambi Supardi mengatakan, mendidik siswa berkarakter bukan perkara yang mudah. "Pendidikan karakter tidak semudah mempelajari baca dan tulis," ujarnya.

Menurutnya, mendidik siswa berkarakter tidak bisa langsung bisa berhasil, karena harus perlahan dengan cara mengubah [p;a pikir siswa.

Namun dikatakannya, bahwa pendidikan karakter di Kota Jambi saat ini sudah mulai membaik. "Pendidikan di Jambi sudah mulai membaik, contoh saat kelulusan anak sekolah tahun lalu tidak lagi ada lagi siswa kebut-kebut di jalan dan mencoret-coret seragam sekolah,” jelasnya.

“Karena hal ini sudah diatur juga dalam peraturan Walikota Jambi nomor 39 tentang penguatan pendidikan karakter," ungkapnya.

Dikatakannya lagi, bahwa pembentukan karakter siswa sangat penting dan harus dibimbing terus. "Sebab moral ini kadang naik kadang turun, makanya siswa harus dibina dan dibimbing terus," katanya.


Penulis: cr2
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments