Selasa, 24 November 2020

Pentingnya Mendidik Kepribadian Anak Sejak Dini


Minggu, 05 Januari 2020 | 21:10:51 WIB


Pelajar SD 50 Paal Merah Kota Jambi asik bermain saat waktu istirahat belajar
Pelajar SD 50 Paal Merah Kota Jambi asik bermain saat waktu istirahat belajar / metrojambi.com

JAMBI - Peran orangtua dalam mendidik moral anak sejak usia dini sangatlah penting. Jika melakukan sesuatu sesuai dengan norma, maka si anak akan mempunyai moral yang baik begitupun sebaliknya.

Kepala Sekolah Dasar (SD) 50 Paal Merah, Kota Jambi, Meliyati mengatakan, bahwa orangtua sangat berperan penting. Karena anak usia dini memiliki sikap meniru yang bagus.

"Jika orang tua mencontohkan sesuatu perbuatan atau tindakan yang baik, dan seperti itu juga yang akan dilakukan oleh anak," ujarnya.

Dikatakannya, sekolah hanya mendidik, sementara waktu anak bersama orang tuanya lebih lama. "Kepribadian bersama orang tua itu sangat penting dengan kepribadian anak," jelasnya.

Menurutnya, sekarang sebagian orang tua sibuk dalam pekerjaan dan lupa mendidik serta memberikan perhatian terhadap anaknya. "Di sekolah, tugas kami para guru adalah mendidik, harusnya di rumah, orang tua juga mendidik anaknya, jadi semua bisa seimbang," katanya.

Selain itu, Meliyati mengatakan, kepribadian anak usia dini lebih ke tata cara dan sopan santun berbicara kepada orang yang lebih tua serta selalu mengingatkan kepada siswa untuk beribadah.

"Kita berharap orang tua dan guru juga bekerja sama dalam mendidik anaknya," ujarnya.


Penulis: cr2
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments