Senin, 6 Juli 2020

PetroChina Gelar Diklat Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP


Rabu, 08 Januari 2020 | 22:44:41 WIB


PetroChina Gelar Diklat Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP
PetroChina Gelar Diklat Peningkatan Kompetensi Guru SD dan SMP / Istimewa

JAMBI- Sebagai komitmen dan bentuk dari kepedulian kepada masyarakat di sekitar wilayah operasi serta berpartisipasi dalam pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd aktif melaksanakan program tanggungjawab sosial.

Banu Subagyo  Goverment & Relations Superintendent PetroChina menyebutkan, selain pertanian, perekonomian, infrastruktur, perkebunan dan kesehatan, bidang pendidikan merupakan salah satu sektor yang menjadi perhatian PetroChina dalam melaksanakan program tanggungjawab sosial.

Menurutnya, awal tahun 2020 ini, tepatnya pada 8 - 10 Januari, SKK Migas–PetroChina International Jabung Ltd menggelar Diklat Peningkatan Kompetensi Pendidik (PKP) bagi guru SD dan SMP.

‘’Diklat ini ditujukan untuk 40 guru SD dan 40 guru SMP se Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Melalui program tanggungjawab sosial dibidang pendidikan ini, SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd berharap dapat berkontribusi dalam memajukan sektor pendidikan khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur,’’ ujarnya.

Dijelaskannya, pada tahun 2019, SKK Migas–PetroChina International Jabung Ltd juga membangun 2 unit perpustakaan desa, renovasi beberapa bangunan PAUD dan mendukung SMP 21 Tanjab Timur dalam kompetisi meraih predikat Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Nasional.

‘’Kita juga memberikan bantuan beasiswa bagi 994 siswa miskin dan berprestasi dengan total nilai bantuan sebesar Rp 1.000.023.000,’’ jelasnya.

Beasiswa siswa miskin jenjang SD sebanyak 756 orang sebesar Rp 800.000 pertahun. Beasiswa siswa miskin jenjang SMP sebanyak 189 orang Rp 1.000.000 pertahun dan beasiswa siswa berprestasi jenjang SD 20 orang sebesar Rp 800.000 pertahun serta beasiswa siswa berprestasi jenjang SMP sebanyak 29 orang sebesar Rp 1.000.000 pertahun.

‘’Melalui program tanggungjawab sosial ini, kita berharap bisa meningkatkan kualitas pendidikan serta memberikan dorongan semangat bagi guru dan murid,’’ katanya.

Sementara itu, Kabid PTK Dinas Pendidikan Tanjab Timur Meiheriansyah mengucapkan terimakasih kepada SKK Migas–PetroChina International Jabung Ltd yang rutin membantu dunia pendidikan di Tanjab Timur.

‘’Melalui program tanggungjawab sosial PetroChina ini, kita berharap ada peningkatan kualifikasi dan kinerja guru SD dan SMP di Tanjab Timur serta berimbas kepada peserta didik di masing-masing sekolah maupun guru yang belum ikut,’’ katanya.

Menurutnya, sebelumnya PetroChina rutin membantu infrastruktur pendidikan, namun kini bantuan lebih fokus kepada peningkatan SDM baik guru maupun peserta didik.

Kabid PTK menyebutkan, berkat bantuan PetroChina dan beberapa pihak lainnya, sejauh ini ada peningkatan kompetensi baik guru maupun peserta didik di Kabupaten Tanjab Timur. (*)


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments