Rabu, 30 September 2020

Bawaslu Bungo Pantau Calon Anggota PPK dan PPS Bersih dari Atribut Partai


Minggu, 12 Januari 2020 | 23:10:18 WIB


/ istimewa

MUARABUNGO - Tahapan persiapan pemilihan kepala (Pilkada) daerah baik itu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bungo 2020 ini akan segera dimulai.

Rekrutan calon anggota PPK dan PPS oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bungo tak lama lagi akan dilakukan.
Selain itu juga akan diawasi oleh Bawaslu Kabupaten Bungo agar rekrutan yang dilakukan tidak melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

Hal ini diakui oleh Ketua Bawaslu Bungo Abdul Hamid. Dia mengaku sudah menerima surat edaran dari KPU RI soal jadwal perekrutan anggota PPK dan PPS untuk wilayah kerja KPU Bungo.

“Dari surat edarannya perekrutan dimulai dari 15 Januari sampai 14 Februari ini,” kata Abdul Hamid.

Sebagai pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum, Abdul Hamid menerangkan agar para calon PPK dan PPS yang direkrut sesuai dengan aturan dan persyaratan yang ditentukan.

“Kita saat ini tengah mempersiapkan pengawasan dalam pembentukan ini (PPK dan PPS red),” jelasnya.

Ia berharap dan akan memastikan nantinya dalam pengawasan pihaknya juga akan melihat terkait persyaratan si calon, kelayakan si calon dan lainnya.

“Yang jelas kita akan awasi soal persyaratannya, seperti apakah memang layak mereka jadi anggota PPK,PPS atau tidak dan apakah mereka ada keterlibatan dengan partai politik atau tidak,” tegas Abdul Hamid.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments