Senin, 10 Agustus 2020

Ketua KPU Bungo Minta Semua Elemen Ikut Awasi Rekrutmen PPK


Senin, 13 Januari 2020 | 21:12:53 WIB


Ketua KPU Bungo Muhammad Bisri
Ketua KPU Bungo Muhammad Bisri / metrojambi.com

MUARABUNGO- Sesuai dengan juklak dan juknis perekrutan penyelenggaran Pemilu untuk Kabupaten Bungo. Dalam waktu dekat ini KPU Bungo akan umumkan penerimaan PPK untuk 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bungo.

Pengumuman penerimaan PPK ini akan diumumkan dari tanggal 15-17 Januari 2020 ini. Dan pada 18-24 Januari 2020 para pelamar dalam tahap menyampaikan berkas lamaran ke KPU Bungo.

"Kita punya waktu satu bulan sejak diumumkan sampai terpilih nya anggota PPK. Karena pelantikan PPK terpilih akan dilaksanakan pada 29 Februari," kata Ketua KPU Bungo Muhammad Bisri.

Dalam tahapan rekrut anggota PPK ini, M Bisri meminta kepada seluruh elemen ikut mengawasinya. Terutama adanya pungutan liar terhadap calon PPK yang bisa saja dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Ini tugas wartawan juga. Jika ada pungutan liar. Dan ini perlu kita antisipasi. Karena kita bersama berharap siapapun calon PPK yang terpilih sepanjang ada kemampuan dan mampu dan mengikuti dan memenuhi persyaratan administrasi merekalah yang layak," katanya.

Pada rekrut PPK untuk pemilu 2020 ini, M Bisri menuturkan bebeda dengan rekrut pada pemilu sebelumnya. Kali ini KPU melakukan dua kali pengumuman meminta tanggapan masyarakat terhadap calon. Dan pada rekrut pada pemilu sebelumnya pengumuman tanggapan masyarakat hanya dilakukan satu kali.

"Pada mulai pengumuman dan hasil tes tertulis kami akan umumkan dan minta tanggapan masyarakat. Dan juga hasil hasil tes wawancara juga diumumkan ke masyarakat. Jadi dua kali kami umumkan minta tanggapan masyarakat," akuinya.

Dijelaskannya, masyarakat Bungo bisa melaporkan para calon saat dilakukan pengumuman meminta tanggapan masyarakat. Hal ini seperti apakah calon memang bersih dari atribut partai atau terlibat sebagai tim kampanye salah satu kandidat.

"Jika hasil pengumuman tanggapan masyarakat ada temuan. Maka akan kami verifikasi dan jika terbukti akan kami ganti.Jadi betul-betul sangat transparan. Masyarakat silakan lapor jika ada indikasi mereka baik sebagai peserta partai politik, tim kampanye," tegasnya.

Sementara itu KPU juga mengantikan anggota PPK jika melanggar Delapan poin surat pernyataan yang mereka buat saat melamar sebagai calon PPK.

"8 poin surat pernyataan yang mereka buat. Salah satunya surat penyataan bersih dari narkoba dan dilampir dengan surat keterangan dari rumah sakit. Ini jika nanti terbukti mereka ternyata mengunakan narkoba, maka mereka tetap akan kami ganti atau kami PAW kan," tutup M Bisri.

Untuk diketahui PPK yang akan dipilih nantinya akan ditempatkan untuk 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bungo. Satu kecamatan akan diisi oleh 5 anggota PPK dengan jumlah keseluruhan 85 anggota PPK.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments