Selasa, 24 November 2020

Di Merangin Hanya Enam Travel Umroh yang Miliki Izin


Senin, 13 Januari 2020 | 14:55:16 WIB


Marwan, Kakan Kemenag Merangin
Marwan, Kakan Kemenag Merangin / istimewa

BANGKO – Saat ini banyak pengusaha travel di Kabupaten Merangin yang menawarkan jasa biro perjalanan untuk berangkat umroh. Namun dari sekian banyak travel umroh yang ada di Merangin, hanya enam travel yang memiliki izin dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jambi.

Marwan Hasan, kepala Kantor Kemenag Kabupaten Merangin mengingatkan agar warga hati-hati memilih biro perjalanan atau travel untuk berangkat umroh. Marwan mengatakan, belakangan ini banyak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mulai dari jamaah terlantar hingga tertipu.

"Warga Merangin saja sudah pernah kejadian, dan itu semua sudah menjadi isu nasional. Jadi harus kenali betul biro perjalanan yang dipilih untuk berangkat umroh," ujar Marwan, Senin (13/1/2020).

Marwan mengungkapkan, di Merangin baru enam cabang biro perjalanan atau travel umroh yang ada izin dari Kanwil Kemenag Jambi.

"Yang beroperasional di Merangin ada enam yaitu Lighwater Tour dan Travel, AET Travel, Armindo, Prima Tour, Madani Prabu Jaya, dan Rezkia Tour. Itu travel yang kantor cabangnya sudan ada izinnya dari Kanwil di Merangin," sebut Marwan.

"Biro perjalanan tersebut ada penunjukkan cabang dalam bentuk notaris dan mereka berwewenang untuk menandatangani surat jaminan paspor untuk pemberangkatan umroh. Cabangnya sudah berbadan hukum," tegasnya Marwan.

Lebih lanjut Marwan mengatakan, minat warga Merangin beribadah umroh makin meningkat. Ini juga dipengaruhi panjangnya antrean haji reguler, sehingga warga mengalihkan keinginannya beribadah di depan kakbah melalui umroh.

"Ini juga menunjukkan kesadaran masyarakat untuk beribadah meningkat, bagi yang ekonominya baik sangat berniat beribadah langsung ke tanah suci, karena antrean haji panjang maka banyak yang umroh," pungkasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments