Selasa, 24 November 2020

Pemkab Bungo Pilih Lokasi Tes CPNS, Rencananya Tetap di Muara Bungo


Senin, 13 Januari 2020 | 21:17:04 WIB


Kepala BKPSDMD Bungo Wahyu Sarjono
Kepala BKPSDMD Bungo Wahyu Sarjono / metrojambi.com

SAROLANGUN - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada rekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah Kabupaten Bungo tahun 2020 ini hampir dipastikan dilakukan di Kota Muara Bungo.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala BKPSDMD, Wahyu Sarjono dikonfirmasi diruang kerjanya kemarin Senin (13/1). Wahyu menyebutkan tahun 2020 ini lokasi tes CPNSD Bungo memang dipilih tetap dilaksanakan di Kabupaten Bungo.

Hal ini berbagai pertimbangan salah satunya yang membawa dampak positif bagi perputaran ekonomi saat pelaksanaan dilakukan dan para peserta tidak perlu jauh lagi ke Kota Jambi mengikuti tes CPNS dan menghemat biaya bagi peserta.

"Sesuai hasil rapat di UPT BKN Jambi kemarin untuk Bungo tes CPNS akan kita laksanakan di Kabupaten Bungo dan kita tidak lagi di provinsi tapi kita laksanakan sendiri di Bungo," sebut Wahyu.

Saat ini persiapan yang tengah dilakukan oleh Pemkab Bungo oleh panitia seleksi CPNS Pemkab Bungo yakni mencari tempat dan lokasi yang tepat. Diantara lokasi yang dicadangkan yakni lokasi arena MTQ Kabupaten Bungo, Gedung Dharmawanita Kabupaten Bungo dan juga menyewa gedung Hotel.

"Untuk tempatnya kini kita cari alternatif yang mana yang paling presentratif untuk dijadikan lokasi apakah itu di Arena Mtq Baru,Gedung dharma wanita atau di kita sewa hotel," terang Wahyu.

Sementara itu Wahyu menyebutkan pihaknya yang diwakili oleh salah satu kepala bidang (Kabid) di BKPSDM Bungo kini juga tengah mengikuti rapat di UPT BKN Jambi. Hal ini berkaitan dengan tes CPNS Bungo yang akan dilaksanakan.

"Hari ini kabid kita sedang mengikuti rapat di UPT BKN Jambi untuk menentukan teknis pelaksanaannya. Karena kalau kita laksanakan tes di daerah kita sendiri kita juga akan harus mendapatkan alokasi petugas dari BKN baik sebagai pengawas dan teknisi termasuk servernya yang juga dari BKN," ujar Wahyu.

Sedangkan untuk peralatan yang digunakan seperti unit komputer, meja dan kursi hingga pendingin ruangan, pihak BKPSDM berencana akan mencari vender yang bisa disewakan.
"Kita pakai vender untuk sewa alat. Kalau listrik kita sudah siapkan genset jadi walau PLN mati tes tidak terganggu," kata Wahyu lagi.

Ditanya berapa lama membutuhkan waktu tes nanti, Wahyu belum bisa memastikan karena hal ini terkait dengan kapasitas ruangan atau lokasi tes yang digunakan. Sementara tahun-tahun sebelumya saat tes berlangsung satu sesi diikuti oleh 200 peserta. Jika lokasi tes memungkinkan maka BKPSDM akan menaikan kapasitas sampai 250 dan 300 orang dalam satu sesi tes.

"Ini akan kita lihat tempatnya jika memungkinkan akan kita naikan kapasitasnya. Satu hari biasanya 5 sesi jika satu sesi jumlahnya 300 maka dua hari selesai ini tergantung tempat dan lokasi yang kita gunakan nanti," jelas Wahyu.

Untuk diketahui, dari ribuan pelamar CPNS Kabupaten Bungo,awalnya peserta yang dinyatakan lulus administrasi sebanyak 2093. Saat masa sanggah dan dilakukan verifikasi akhirnya yang lulus bertambah menjadi 2871 orang.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments