Rabu, 3 Juni 2020

Tari Joged Batanghari Siswa SMP KGS Jambi Dipertontonkan di Korea Selatan


Selasa, 14 Januari 2020 | 21:08:07 WIB


Penampilan siswa SMP KGS Jambi berhasil memukau penonton di Korea Selatan
Penampilan siswa SMP KGS Jambi berhasil memukau penonton di Korea Selatan / Istimewa

JAMBI - Tari Joged Batanghari yang dibawakan beberapa siswa SMP Karunia Global School (KGS) Jambi berhasil memukau para siswa dan kepala sekolah di Yeoju High School, Korea Selatan.

Tarian tersebut ditampilkan dalam acara pembukaan ‘’International Winter Cultural Exchange Camp 2020’’ di Yeoju High School, Korea Selatan (Korsel).

Kepala SMP KGS Jambi Lius Iman Santoso Ciputera mengatakan, pihaknya rutin mengikuti kegiatan tersebut yang digelar setiap tahun.

"Sejak tahun 2015 hingga sekarang, KGS Jambi rutin menampilkan budaya Jambi ke luar negeri, pada Maret ke Thailand dan Oktober/Januari ke Korea Selatan," ujarnya, Selasa (14/01/2020).

Menurutnya, dengan melihat sinopsis tarian tersebut, Tari Joged Batanghari yang dibawakan pelajar SMP KGS Jambi ini, sangat cocok untuk anak muda. 

"Tarian ini menggambarkan keceriaan muda-mudi melayu Jambi yang tinggal di pinggir aliran sungai Batanghari saat ada hajatan di daerah tersebut. Dalam tarian ini pemuda mengajak pemudi untuk berjoged bersama-sama menghibur diri serta menghabiskan waktu senggang," jelas Lius.

Dikatakannya, bahwa KGS Jambi sebagai satu-satunya sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (dulu dikenal sebagai Sekolah Internasional) yang memiliki komitmen untuk mempertahankan dan mengenalkan budaya tradisional Jambi ke dunia luar.

"Kita beberapa tahun sebelumnya menampilkan tari tradisional Jambi seperti tari kipas dan tari burung ranggok," ungkapnya.

Sebelum berangkat ke Korea Selatan, kata Lius, pelajar SMP KGS Jambi sudah melakukan persiapan sejak November 2019 hingga Januari ini.

Selain KGS Jambi, Yeoju High School Korea Selatan sebagai penyelenggara acara pertukaran budaya dan Udomsuksa School dari Thailand, sepakat untuk berkomitmen mendidik anak-anak menjadi masyarakat global yang bisa saling bertukar kebudayaan, pengalaman dan pengetahuan. (cr2)


Penulis: Cr2
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments