Kamis, 23 Januari 2020

Belum Ada Calon Perseorangan yang Serius Ikut Pilkada Bungo


Rabu, 15 Januari 2020 | 08:26:01 WIB


Ketua KPU Bungo Muhammad Bisri
Ketua KPU Bungo Muhammad Bisri / dok.metrojambi.com

 MUARA BUNGO - Kendati tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bungo tak lama lagi akan digelar. Dan bakal calonpun yang bakal maju merebut BH 1 Bungo kini juga sudah bermunculan dan menunjukkan kekuatan serta gencar bersosialisasi ditengah masyarakat.

Sementara untuk calon perseorangan hingga kini belum bisa dipastikan ada atau tidaknya calon perseorangan atau independen yang bakal maju.

Salah satu persyaratan yang bakal maju calon perseorangan harus meraup minimal 23.932 dukungan suara dengan dibuktikan kartu tanda penduduk (KTP) dan juga setiap calon harus memiliki satu operator yang harus di laporkan dan dikirim ke KPU.

Ketua KPU Bungo, Muhammad Bisri dikonfirmasikan terkait pencalonan dari jalur perseorangan akui secara resmi KPU Bungo belum bisa memastikan adanya bakal calon perseorangan tersebut. Kendati ada tim dari bakal kandidat yang sudah mengambil formulir untuk pencalonan independen saat ini.

"Sampai hari ini belum ada tim yang mengirimkan operator. Sepanjang belum ada yang mengirim operator maka kami belum bisa pastikan ada calon perseorangan," jelas M Bisri.

Tugas operator ini kata M Bisri yakni akan menginput data yang harus diisi. Dan tim dari calon akan menunjukkan seseorang yang menjadi operator tersebut dan dikirim ke KPU.

"Harus ada operator. Nanti dikirim ke KPU dan kami akan melakukan bintek operator tersebut. Selain itu KPU pusat juga akan meminta nama user operator yang ditunjuk," tambah M Bisri.

Kalau lah bakal calon sudah mengirimkan operatornya dan sudah dilakukan bintek oleh KPU. Maka dapat dipastikan bakal ada calon perseorangan.

"Jika sudah dikirim dan kami lakukan bintek maka akan ado calon perseorangan," kata M Bisri menjelaskan.

Selain itu sesuai jadwal, bakal calon perseorangan yang sudah mengambil formulir nanti pada 19 Februari sampai 23 februari dengan batas akhir pukul 00.00 WIB batas akhir tahap penyampaian dokumen.

"Batasnya 23 Februari pukul 00.00 WIB. Jika lewat waktu itu berarti tidak ada calon perseorangan," imbuhnya.

Untuk diketahui, bakal calon perseorangan yang bakal ikut pilkada Bungo tahun 2020 ini harus mengumpulkan minimal 23.932 ribu dukungan KTP. Jumlah dukungan ini diambil dari 10 persen dari Daftar calon tetap (DPT)  terkahir pada Pemilu 2019 lalu yakni 2.39.318 DPT.

Beberapa waktu lalu juga dikabarkan ada dua tim yang sudah mengambil formulir pendaftaran.

"Untuk penyampaian dukungan satu pendukung,satu formulir," pungkasnya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments