Minggu, 9 Agustus 2020

SK Mulai Diserahkan, Tapi BKD Enggan Sampaikan Nama dan Jabatan Pejabat yang Dilantik


Rabu, 15 Januari 2020 | 10:40:48 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

 JAMBI - Usai seminggu dilantik oleh Penjabat (Pj) Sekda Provinsi Jambi Sudirman, mulai Selasa (14/1/2020) kemarin, ratusan pejabat eselon III dan IV serta fungsional di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mulai menerima Surat Keputusan (SK) jabatan baru mereka.

Plt Kepala Badan kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi Pahari saat dikonfirmasi, membenarkan hal tersebut. "Iya semua SK dikasih," ujarnya.

Diketahui sebanyak 332 pejabat yang dilantik secara terbuka di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi beberapa waktu lalu. Sayangnya, saat awak media meminta nama-nama serta jabatan baru para pejabat yang dilantik itu, pihak BKD enggan menyampaikan dan awak media diarahkan untuk menunggu dari humas.

Sebelumnya juga Pahari ketika dikonfirmasi Metro Jambi terkait nama-nama para pejabat dan posisi jabatan mereka yang baru, Minggu malam (12/1/2020), melalui pesan WhatsApp nya menyampaikan bahwa itu rahasia negara.

"Untuk apa, itu dokumen negara tidak boleh disebarluaskan," jawabnya singkat.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Jambi Indra Lesmana mengatakan, sebenarnya menurut Indra itu bukanlah sesuatu yang harus dirahasiakan.

"Barang ni sudah resmi dilantik, seharusnya publik harus tahu siapa saja pejabat-pejabat yang sudah dilantik," tuturnya.

Menurut Indra, pejabat yang berwenang dalam hal ini yaitu BKD dan Biro Humas menginformasikannya kepada Publik bisa melalui media cetak ataupun online dan harus dilaksanakan seperti itu.

"Sampai saat ini memang banyak masyarakat yang tidak tahu siapa-siapa saja pejabat yang dilantik, pada 7 Januari kemarin," terangnya.

Untuk itu Indra mengatakan persoalan nama-nama pejabat yang sudah dilantik bukan sesuatu yang harus ditutup-tutupi kecuali belum dilakukan pelantikan dan pengumuman secara resmi.

"Ini kan sudah era nya transparasi dan keterbukaan, kenapa harus ditutup-tutupi, kecuali yang diminta data individual (biodata  pribadi, ed) dari pejabat tersebut bisa jadi," jelasnya.

Namun setelah resmi dilantik awak media belum bisa mendapatkan nama-nama pejabat yang dilantik secara detail, dan hanya diarahkan menunggu dari Humas Pemprov Jambi, akan tetapi sampai sekarang belum ada nama-nama dan posisi jabatan baru mereka.


Penulis: Rina
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments