Selasa, 22 September 2020

Warga Lima Kecamatan di Sarolangun Diingatkan Agar Waspadai Banjir


Senin, 16 Desember 2019 | 11:18:42 WIB


ilustrasi
ilustrasi / dok/metrojambi.com

SAROLANGUN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sarolangun mengingatkan warga di lima kecamatan untuk mewaspadai banjir sebagai dampak dari musim hujan saat ini.

Peringatan disampaikan karena lima kecamatan itu langganan banjir dan longsor, ketika musim hujan datang, terutama warga di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Sarolangun Yen Aswadi mengatakan, berdasarkan pemberitahuan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), intensitas hujan lebat di Kabupaten Sarolangun akan terjadi berkisar tanggal 19 hingga 24 Desember mendatang.

Dalam penanggulangan dampak bencana pada musim hujan ini, Yen Aswadi menyebut pihaknya sudah menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Seperti halnya perahu dan juga peralatan penanganan bencana lainnya.

“Kita sudah menyiapkan perahu dan peralatan lain untuk penanganan jika terjadi bencana, misalnya banjir dan juga tanah longsor,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, saat ini debit air sungai di Sarolangun masih dalam kategori normal, kendati saat ini sudah musim hujan. Begitu pula dengan bencana longsor saat ini juga belum ada terjadi.

“Kendati demikian warga harus tetap hati-hati dan waspada,” pintanya.

Menurutnya, di Sarolangun ada lima wilayah yang rawan terhadap bencana pada musim hujan, yakni Kecamatan Batang Asai, Cermin Nan Gedang, Limun, Pauh, dan Mandiangin.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments