Selasa, 2 Juni 2020

Provinsi Jambi Berada di Level 3 Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP


Rabu, 15 Januari 2020 | 21:57:28 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Provinsi Jambi berada di level 3 dalam meningkatkan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan kapabilitas Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP).

Hal ini disampaikan oleh Direktur Politik dan Penegakan Hukum Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI Arif Ardiyanto di ruang pola Kantor Gubernur Jambi, Rabu (15/1/2020).

Dia mengatakan, tercapai level 3 Provinsi Jambi tersebut sebagai bukti pengendalian satuan kerja telah terdokumentasikan dengan baik. Artinya mulai dari perencanaan, pelaporan, SDM dan pertanggungjawaban sudah baik.

"Dengan terlaksananya implementasi tingkat maturitas level 3 ini, maka akan meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah yang dilaksanakan dengan efektif dan bersih, dimana laporan keuangan dan aset dapat dipertanggungjawabkan dan diamankan serta ketaatan pada perundang-undangan," jelasnya.

Oleh karenanya, Arif meminta para pemangku kepentingan harus bekerja bersama karena jika secara sistem sudah bagus, perangkat dibawahnya juga harus memiliki komitmen yang sama.

"Saya rasa Gubernur juga memiliki komitmen luar biasa, tetapi bagaimana Gubernur juga mendorong komitmen yang ada di bawahnya. Kita secara bersama bukan hanya kepala daerah tapi seluruh perangkat, termasuk masyarakat. Jika ini semua sudah jalan, maka pelayanan publik akan meningkat," katanya.

Pada kesempatan itu pula, Arif menyampaikan bahwa ada 5 Pemda di Provinsi Jambi yang telah berada di level 3. Yaitu Kota Jambi, Sungai Penuh, Batanghari, Bungo, dan Provinsi Jambi.

"Sedangkan 7 nya lagi masih di level 2 yaikni Muaro Jambi, Sarolangun, Merangin, Kerinci, Tebo, Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments