Rabu, 3 Juni 2020

Realisasi Hampir Rp 9 Miliar, Bakeuda Provinsi Jambi Imbau Masyarakat Manfaatkan Pemutihan Pajak 2020


Rabu, 15 Januari 2020 | 22:30:16 WIB


Kepala Bakeuda Provinsi Jambi Agus Pirngadi
Kepala Bakeuda Provinsi Jambi Agus Pirngadi / dok.metrojambi.com

JAMBI - Pemutihan pajak tahun 2020 yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat. Pasalnya, hingga Selasa (14/1/2019) kemarin, realisasinya sudah hampir mencapai Rp 9 miliar.

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Jambi Agus Pirngadi mengatakan, target pemutihan pajak tahun ini diangka Rp 120 miliar atau naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 90 miliar.

"Kita coba diangka Rp 120 miliar. Dan kita akan lihat seperti apa animo masyarakat dalam pemutihan ini," ujarnya, Rabu (15/12020).

Kendati demikian, Agus menyampaikan jika ditahap awal ini, pihaknya masih pada tatanan sosialisasi. Namun diakuinya sosialisasi itu belum gencar sampai ke desa-desa. "Baru tahap media sosial dan sarana formil," katanya.

Dijelaskan Agus, pembebasan pokok Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) berlaku bagi pemutihan PKB yang menunggak dua tahun ke atas, sehingga hanya dipungut pokok satu tahun akhir dan satu tahun berjalan sesuai jatuh tempo pajaknya atau bayar dua tahun saja.

"Kalau pajaknya mati dua tahun yang dibebaskan hanya denda administrasinya," imbuhnya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa pemutihan ini adalah pemutihan total yang dilakukan dalam rangka untuk membantu masyarakat, sebelum nantinya diberlakukan kebijakan nasional untuk kendaraan mati pajak lebih dua tahun dari matinya STNK akan dihapuskan. Dan apabila dihapuskan, lanjutnya, kendaraan akan menjadi bodong.

"Supaya sebelum hal itu diberlakukan, maka masyarakat tidak akan menjadi korban dari suatu kebijakan melalui pemutihan pajak ini. Mangkanya mumpung ada momen yang baik dan bagus, segeralah kendaraan yang mati pajak untuk diaktifkan kembali," imbaunya.

Sebab, Agus menyebut, untuk ke depannya, pemutihan pajak ini tidak menjamin apakah bakal diadakan lagi atau tidak.

"Kecuali yang denda mungkin. Kalau untuk pokok belum tentu dua tiga tahun ke depan bakal ada lagi. Jadi tolong manfaatkan sebaik-baiknya," katanya.

Sebelumnya, berdasarkan data UPTD Samsat Kota Jambi pada Senin (13/1/2020) lalu, sebanyak 1.980 unit kendaraan telah memanfaatkan program pemutihan pajak tahun 2020.

Kepala UPTD Samsat Kota Jambi, Ariansyah mengatakan, layanan pemutihan ini masih didominasi oleh Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB yang berjumlah 1.496 kendaraan roda dua, dan 473 kendaran roda empat.

"Untuk kendaraan mutasi masuk sebanyak 55 unit, dan BBNKB II sebanyak 95 unit," sampainya, Senin (13/1/2020) lalu.


Penulis: Rina
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments