Senin, 17 Februari 2020

Perpustakaan Provinsi Jambi Dapat Tambahan 5.000 Buku


Jumat, 17 Januari 2020 | 15:25:22 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Perpustakaan Daerah Provinsi Jambi mendapat tambahan 5.000 koleksi buku baru pada tahun 2020 yang akan menambah koleksi bahan bacaan yang telah ada saat ini.

"Tahun ini kita dapat bantuan koleksi buku sekitar 5.000 koleksi buku, paling banyak tentang kesehatan. Dan tentu pelayanannya akan kita tingkatkan juga," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi Syamsurizal di Jambi, Jumat.

Ia menyebutkan peningkatan jumlah pengunjung menjadi target prioritas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi pada 2020 sambil terus meningkatkan fasilitas dan infrastruktur melalui mekanisme rutin setiap tahun.

"Peningkatan minat baca masyarakat menjadi salah satu upaya kita semua. Jumlah kunjungan ke perpustakaan ini 300 hingga 400 prang per hari, diharapkan tahun ini dan ke depan terus meningkat," katanya.

Pekan ini, perpustakaan daerah yang telah dilengkapi dengan fasilitas internet dan ruang baca, serta ruang bermain anak itu mendapat kunjungan dari Komisi I DPRD Provinsi Jambi. Anggota dewan mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi sebagai mitra kerja untuk mengetahui langsung kondisi riil di kantor tersebut.

Kunjungan itu dipimpin langsung Ketua Komisi I, Hapis Hasbiallah didampingi Sekretaris Budiyako dan Anggota yakni H M Juber, Hj Yuli Yuliarti, Kemas Al Farabi, Akmaludin, Ibnu Sina dan H Zubir Dahlan.

Syamsurizal mengapresiasi kedatangan Komisi I DPRD Provinsi Jambi. Pada kesempatan itu dia menyampaikan berbagai program meningkatkan minat baca masyarakat untuk datang ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi.

"Mudah-mudahan setelah meninjau perpustakaan, Komisi I dapat terus memberikan dukungan penuh untuk kemajuan perpustakaan di Provinsi Jambi," ujarnya.

Sementara itu Ketua Komisi I Hapis Hasbiallah mengatakan kunjungan itu untuk melihat realita di lapangan, sebagai mitra kerja pihaknya mendukung langsung penambahan fasilitas lainnya, seperti respon yang diberikan Perpustakaan Nasional dalam kunjungan Komisi I DPRD beberapa waktu lalu.

"Kunjungan kita untuk memantau bagaimana situasi di perpustakaan ini. Tujuannya untuk mendukung langsung kegiatan-kegiatan perpustakaan dan arsip daerah ke depannya dan kami juga sudah berkunjung ke Perpustakaan Nasional bersama Kepala Dinas dan alhamdulillah respon dari sana juga luar biasa," katanya.

Menurutnya kesempatan dan peluang harus dimanfaatkan secara maksimal, agar ke depannya semua kebutuhan untuk perpustakaan Provinsi Jambi dapat diprioritaskan.

"Ke depan hal-hal yang menjadi kebutuhan dari perpustakaan daerah ini, yakni harus jadi prioritas. Baik untuk Provinsi Jambi secara umum, kita akan dukung penuh," ujarnya.

Setelah melakukan peninjauan, Hapis menyebut ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, diantaranya infrastruktur, fasilitas dan penambahan koleksi buku.


"Dibelakang nanti mungkin akan ada penambahan atau perluasan lokasi. Kalau lokasi sekarang memang masih kurang," katanya.

Terkait peningkatan anggarannya buat perpustakaan, Komisi I DPRD Provinsi akan berupaya melobi pemerintah pusat serta diharapkan juga mendapat tambahan dari anggaran daerah.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments