Kamis, 2 April 2020

Sejumlah OPD Masih Terkesan Tertutup, Humas Pemprov Jambi Desak Keterbukaan Informasi


Jumat, 17 Januari 2020 | 20:15:44 WIB


Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah / metrojambi.com

 JAMBI - Keterbukaan informasi publik di lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsu (Pemprov) Jambi, terlebih terkait dengan data-data kegiatan penting yang harus dipublikasikan sehingga di ketahui oleh masyarakat secara luas, hingga saat ini belum maksimal.

Menanggapi hal itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jambi Johansyah angkat bicara.

"Mereka (OPD, red) salah dan keliru," ujarnya ketika menggelar coffee morning bersama awak media di kantin ruang pola kantor Gubernur Jambi, Jumat (17/1/2020).

Padahal, kata Johansyah, pihaknya sudah beberapa kali menyurati OPD-OPD di lingkup Pemprov Jambi dengan mengirimkan data nama bahkan nomor telepon wartawan yang meliput sehingga tidak ada lagi kesan yang ditutupi.

"Kami sudah menyampaikan data nama, nomor hp wartawan kesetiap OPD. Tapi masih banyak wartawan mengadu kurangnya keterbukaan informasi publik," terangnya.

Johansyah pun mendesak agar OPD dapat meningkatkan keterbukaan informasi publiknya guna men-support Humas Pemprov dalam menyebarluaskan informasi yang perlu untuk dipublikasikan. Misalnya nama-nama pejabat yang baru dilantik dan ditugaskan kemana.

"Saya minta OPD itu dapat men-support, contoh soal pelantikan, ini fenomena menarik memang sampai hari ini saja kami belum menerima data nama pejabat itu," ujarnya.

Oleh karenanya Johansyah menegaskan, Humas akan segera menyurati Badan Kepegawaian Daerah (BKD), agar jangan sampai data-data penting itu menjadi penghambat bagi rekan-rekan media untuk menyampaikan nya kepada masyarakat.

"Ini menjadi PR kita sangat besar, bagaimana kawan-kawan OPD itu transparansi," jelasnya.

Mereka mengaku kedepan akan memperbaiki serta berupaya dalam meningkatkan penulisan untuk merilis kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan Pemprov Jambi untuk dikirim ke rekan-rekan media, supaya menarik dan manfaatnya benar-benar dirasakan masyarakat.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments