Minggu, 20 Juni 2021

Polresta Jambi Tangkap Pasutri Pelaku Curanmor

Sabtu, 18 Januari 2020 | 09:55:33 WIB


Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian saat menunjukkan tiga tersangka kasus curanmor yang berhasil ditangkap beserta barang bukti yang diamankan
Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian saat menunjukkan tiga tersangka kasus curanmor yang berhasil ditangkap beserta barang bukti yang diamankan / metrojambi.com

 JAMBI - Tiga orang yang diduga telah melakukan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Kota Jambi, Kabupaten Batanghari, dan Kabupaten Muaro Jambi, ditangkap anggota Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Jambi.

Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian mengatakan, pelaku yang ditangkap adalah pasangan suami istri (pasutri) Fikry (41) dan Ekawaty (41), warga Jalan Kapten Pattimura, Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, serta Yosep Maryanto, warga Desa Lesung Batu Muda, Kecamatan Musi Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.

Dover mengatakan, ketiga pelaku diduga telah beraksi puluhan kali. Untuk pasutri Fikri dan Ekawaty, Dover mengatakan jika keduanya juga menjadi target operasi pihak kepolisian.

Salah seorang tersangka bernama Fikry terpaksa ditembak di bagian kakinya lantaran berusaha melarikan diri dengan melompati pagar saat diringkus polisi.

Ketiga pelaku ditangkap pada Rabu (15/1/2020) setelah melakukan penyelidikan atas laporan warga yang kehilangan sepeda motor jenis Yamaha Nmax warna merah di kawasan Kotabaru dan setelah korban membuat laporan ke polisi, tim bergerak menyelidiki pelakunya.

Tersangka spesialis pencurian kendaraan bermotor ini terungkap setelah salah satu korbannya melapor ke Polsek Kotabaru dengan nomor Laporan Polisi Nomor LP/B- 922/XII/2019/SPKT I/ pada 30 Desember 2019 lalu. Saat itu korban kehilangan motor saat beribadah di salah satu gereja di kawasan Kotabaru, Kota Jambi.

Kombes Pol Dover Christian mengatakan setelah dilakukan penyelidikan tim berhasil mendapati informasi keberadaan kedua tersangka dan dilakukan pengejaran serta penangkapan dikediamannya di Jalan Kapten Pattimura No 12 RT 06, Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi.

Dari hasil penyelidikan polisi, ketiga tersangka ini memiliki peran berbeda saat menjalankan aksinya.

Dimana pasangan suami istri ini memiliki peran yang berbeda. Dimana, sang suami yang melakukan eksekusi dan istrinya melihat situasi sekitar lokasi. Sedangkan tersangka Yosep Maryanto merupakan seorang penadah dari aksi sepasang suami istri ini.

Tidak hanya sekali, sepasang suami istri ini sudah belasan kali melakukan aksinya sejak 2014 lalu dimana pasangan ini juga kerap beraksi di kawasan Kotabaru, Kota Jambi, Kabupaten Batanghari hingga Muarojambi dan dari para pelaku, polisi menyita enam unit kendaraan bermotor roda dua dan kunci T yang digunakan para pelaku saat beraksi.

"Mereka sudah beraksi lebih dari 15 kali di tempat kejadian perkara berbeda dan aksi mereka masih dalam penyelidikan polisi untuk mengungkap lokasi lainnya dan barang bukti tersebut di jual ke tersangka Yosep Maryanto dan ada juga yang dijual ke Provinsi Riau," kata Dover Chriatian.

"Kami juga sedang berkoordinasi dengan Polres Batanghari, karena para pelaku juga beraksi di sana," ujarnya.

Saat ini para tersangka ditahan di Rumah Tahanan Polresta Jambi untuk proses penyelidikan. Para tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dan 480 KUHP tentang tindak pidana Penadah Barang Curian.


Penulis: Novri/ant
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments