Minggu, 9 Agustus 2020

Dinilai Melecehkan Agama, Pemilik Akun Facebook Dilaporkan ke Polisi


Minggu, 19 Januari 2020 | 22:55:06 WIB


/ istimewa

MUARASABAK - Salah satu akun Facebook Denlon Syhamputra akhirnya dilaporkan ke pihak kepolisian Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Akun Delon syhamputra di sosial Facebook menghebohkan warga Kabupaten Tanjabtim, Sabtu (18/1).

Akun Facebook tersebut diduga melakukan penistaan agama Islam lewat statusnya. Tak heran, pernyataan tersebut mengundang reaksi dari pengguna Facebook lainnya dan terus dibagikan serta tersebar di grup-grup WhatsApp.

Saat ini banyak akun di Facebook yang membagikan screenshoot Facebook Delon dan foto serta alamat lengkapnya. Seperti akun Facebook milik Ahmad Yani, yang sangat geram dan ingin secepatnya pelaku segera ditangkap.

Sementara, Front Pembela Islam (FPI) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), saat ini telah melakukan tindakan dengan melaporkan akun Facebook milik Delon Syhamputra Duha ke Polres Tanjabtim, Sabtu (18/1).

Laporan tersebut telah ditanggapi pihak Kepolisian sesuai dengan Laporan Polisi Nomor : LP / B /SPKT / Polres Tanjabtim, tanggal 18 Januari 2020, tentang dugaan Tindak Pidana ITE melanggar UU RI Nomor 11 Tahun 2008 TTG ITE yang terjadi pada Kamis Tanggal 16 Januari 2020 pukul 20.51 WIB di Kelurahan Rano, Kecamatan Muara Sabak Barat.

Laporan tersebut berawal pada Jumat (17/1) pukul 20.00 WIB, pelapor atas nama M Hatta SE mendapat informasi dari Sekretaris FPI, Suratno bahwa adanya postingan di Facebook akun Delon Syhamputra Duha dengan kalimat kasar.

Setelah pelapor berembuk, Ketua FPI Provinsi Jambi berkordinasi dengan masyarakat, pemuda, tokoh agama di Kelurahan Rano, maka diputuskan melaporkan kejadian tersebut ke Polres Tanjabtim.

M Hatta SE, yang membuat laporan ke Polres Tanjabtim, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Di meminta sekaligus mengimbau, jika masyarakat menemukan diduga pelaku tersebut, agar tidak main hakim sendiri.

"Biarkan aparat penegak hukum yang melakukan tindakan dan memproses pelaku," ujarnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tanjabtim AKP Johan Silaen ketika dikonfirmasi terkait hal itu mengatakan, Front Pembela Islam (FPI) Kabupaten Tanjabtim saat ini telah melakukan tindakan dengan melaporkan akun Facebook milik Delon Syhamputra Duha ke Polres Tanjabtim, Sabtu (18/1).

"Saat ini, kami Polres Tanjabtim masih dalam pengejaran diduga pelaku penistaan agama itu," ujarnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments