Jumat, 21 Februari 2020

Sejumlah Nama Muncul dan Digadang-gadang Menjadi Sekda Kerinci


Senin, 20 Januari 2020 | 10:54:59 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KERINCI - Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kerinci saat ini masih dijabat oleh Pejabat (Pj), karena masih mengalami kekosongan dan dalam waktu dekat akan dilakukan lelang terbuka.

Saat ini beredar kabar di kalangan ASN dan masyarakat beberapa nama pejabat yang berpeluang menjadi Sekda diantaranya adalah Ardinal, Syahril Hayadi, Zainal Efendi, dan Letmi Hendri.

“Iya, ini nama-nama yang memiliki peluang besar jadi Sekda Kerinci,” kata salah seorang sumber terpercaya.

Nama Ardinal mencuat karena memiliki pengaruh kuat dan menjadi salah satu orang kepercayaan Bupati Adirozal. Ini terbukti selama KLB jilid I hingga jilid II Ardinal selalu dipercaya bupati menjadi Kepala Dinas. Yakni Kadis Pemuda dan Olahraga Pariwisata dan Kabupaten Kerinci yang kini dipercaya memimpin Dinas Perhubungan.

Kendati Ardinal masa pengabdiannya sebagai ASN tidak lama lagi. Namun tentu tidak menutup kemungkinan akan menjadi sekda.

Sedangkan Syahril Hayadi, Plt Kepala BPKSDM Kabupaten Kerinci yang saat ini juga menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) diketahui memiliki hubungan emosional yang cukup dekat dengan Bupati Kerinci Adirozal, ia juga menikah dengan salah satu kerabat dekat bupati Adirozal.

Syahril juga diketahui memiliki rekam jejak yang cukup baik selama menjabat di kabinet Kerinci Lebih Baik (KLB) jilid I dan II.

Zainal Efendi mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Kerinci yang sekarang bergabung ke dinas pemuda dan olahraga dikenal memiliki rekam jejak yang sangat baik selama dipercaya bergabung dalam kabinet Kerinci Lebih Baik jilid I dan II. Sosok low profile yang tampil apa adanya ini juga disebut sebut sebagai salah satu orang kepercayaan Bupati Kerinci Adirozal.

“Demikian juga dengan Letmi Hendri juga pejabat yang dikenal dekat dan profesional dalam menjalankan tugasnya. Ia juga memiliki jabatan yang strategis selama bupati adirozal. Sehingga peluangnya menjadi sekda terbuka lebar,” kata sumber terpercaya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Adirozal mengatakan siapa saja berpeluang menjadi Sekda Kerinci, asalkan calon Sekda nantinya sudah memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan.
“Persyaratannya meliputi administratif, pangkat, pendidikan, pelatihan, pernah menjabat eselon II b, memahami visi dan misi, memahami kondisi dan karakter daerah,” kata Bupati Adirozal.

Mengenai peluang mendatangkan Sekda dari luar daerah, Bupati juga menampik dengan mengatakan tidak ada istilah mendatangkan. "Namun juga tidak ada persyaratan harus putra daerah asli,” ujar Bupati dua periode ini.

Sementara, ketika dihadapkan dengan ketiga nama kandidat di atas, Bupati Adirozal menjawabnya dengan senyum. “Pembukaan pendaftaran belum dimulai, bisa jadi nanti mereka bertiga itu tidak mendaftar, hayo,” pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments