Senin, 13 Juli 2020

Infrastruktur Jalan Masih Jadi Perhatian Pemkot Jambi

Kecamatan Kotabaru dan Alam Barajo Jadi Prioritas

Senin, 20 Januari 2020 | 12:01:31 WIB


Walikota Jambi, Sy Fasha
Walikota Jambi, Sy Fasha / istimewa

JAMBI- Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan tahun ini, belanja infrastruktur Kota Jambi pada APBD murni 2020 diperkirakan sekitar Rp240 miliar.
Bahkan setelah perubahan, angkanya diperkirakan mencapai Rp 300 miliar. Dana itu masuk dan dikelola di Dinas PUPR langsung.

Tahun 2020, pemerintah akan memperioritaskan beberapa kecamatan yang selama ini kurang mendapat perhatian. Diantaranya adalah kecamatan Alambarajo dan Kota Baru.

"Dua kecamatan ini memang belum maksimal dalam pembangunan infrstruktur jalan. Karena kondisi jalannya panjang-panjang," kata Fasha.

Dia mencontohkan misalnya untuk dua Kecamatan tersebut diangarkan sebesar Rp10 Miliar untuk jalan lingkungan. Maka hanya beberapa ruas jalan saja yang bisa diperbaiki karena kondisinya sangat panjang. Berbeda dengan Kecamatan lain yang kondisi ruas jalannya lebih pendek, sehingga dengan anggaran Rp10 miliar dapat mencakup banyak jalan lingkungan yang dibangun.

"Tahun ini kita besar-besaran untuk Alambarajo dan Kota Baru," kata Fasha.

Selain di dua Kecamatan tersebut, pihaknya juga ingin menuntaskan pembangunan jalan Seberang yang menghubungkan jembatan Aurduri 1 hingga Aurduri 2. Sementara untuk daerah lainnya juga tetap ada, dengan tetap memperhatikan skala prioritas.

"Itu mencakup dua kecamatan, yaitu Pelayangan dan Danau Teluk. Kita ingin tuntaskan, supaya aktivitas masyarakat lancar dan juga dapat menopang perekonomian masyarakat setempat. Seberang itu kita prioritaskan untuk pengembangan wisata religi," ujarnya.

Fasha mengatakan pihaknya mencoba untuk memprioritaskan jalan yang diusulkan oleh masyarakat, supaya tidak terjadi kecemburuan sosial dan merasa dianaktirikan.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kota Jambi, Fatri Suandri mengatakan bahwa apa yang dicanangkan oleh walikota Jambi akan menjadi masukan dalam menyusun kegiatan tahun ini.

"Usulan dan masukan akan kita terima dan kita kaji," katanya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments