Sabtu, 29 Februari 2020

Peserta Sespimmen, Sespimma dan SIP Polda Jambi Teken Pakta Integritas


Senin, 20 Januari 2020 | 13:58:35 WIB


Sebanyak 473 personil yang terdiri dari 14 peserta Sespimmen, 3 peserta Sespimma, dan 456 peserta SIP, menandatangani pakta integritas yang digelar oleh Biro SDM Polda Jambi, Senin (20/01/20)
Sebanyak 473 personil yang terdiri dari 14 peserta Sespimmen, 3 peserta Sespimma, dan 456 peserta SIP, menandatangani pakta integritas yang digelar oleh Biro SDM Polda Jambi, Senin (20/01/20) / istimewa

JAMBI - Sebanyak 473 personil yang terdiri dari 14 peserta Sespimmen, 3 peserta Sespimma, dan 456 peserta SIP, menandatangani pakta integritas yang digelar oleh Biro SDM Polda Jambi, Senin (20/01/20). Acara berlangsung di GOR Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi.

Penandatanganan pakta integritas tersebut dilakukan dalam rangka seleksi pendidikan pengembangan umum, seleksi pendidikan Sespimmen Lolri Dikreg ke 60, Sespimma Polri angkatan ke 63 dan 64, serta SIP angkatan ke 49 tahun anggaran 2020.

Penandatangan pakta integritas tersebut merupakan langkah untuk mengantisipasi adanya kecurangan dalam proses seleksi penerimaan anggota Polri.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sumpah dan penandatanganan pakta integritas yang dipimpin langsung oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS.

Irjen Muchlis dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna membangun sistem dan mekanisme yang clear and clean, serta guna mendapatkan calon peserta didik yang unggul dan kompetitif, agar dapat dipercaya.

Selain itu, juga untuk mempersiapkan kebutuhan SDM Polri yang unggul, terkhusus calon pemimpin Polri yang memiliki kompetensi dan integritas tinggi dalam tugas dalam mendukung pelaksanaan tugas Polri di lapangan serta menjawab apa yang menjadi harapan bagi masyarakat.

Muchlis juga menekankan kepada panitia dan peserta seleksi yang telah diambil sumpah agar memegang teguh komitmen bersih, transparan, akuntabel, humanis, clear and clean dan senantias? selalu sebagai menjaga integritas anggota polri dalam melaksanakan tugas.

"Jangan pernah mencoba melakukan penyimpangan, kerjakan dengan benar, jujur, objektif serta tidak melakukan KKN," perintahnya.

Kepada panitia, Muchlis juga menekankan agar melaksanakan tugasnya dengan baik dan ikhlas serta penuh tanggung jawab mendedikasikan untuk dirinya keberhasilan kegiatan seleksi ini.

"Hilangkan dan cegah sedini mungkin adanya anggapan negatif yang beredar di internal polri, masyarakat dan di media sosial tentang tahapan Seleksi Dikbangum Tahun Anggaran 2020," ujarnya.

Lebih lanjut, Muchlis mengatakan untuk lakukan sinergitas, kolaborasi dan komunikasi yang baik antara panitia dan pengawas internal maupun pengawas eksternal, sehingga tahapan seleksi dapat berjalan dengan baik sesuai sistem dan mekanisme yang sudah ditetapkan.

"Bagi peserta seleksi persiapkan diri sebaik mungkin, terus berusaha, berlatih dan berdoa, percaya pada kemampuan diri masing-masing dan jangan membuat pelanggaran sekecil apapun dalam proses seleksi ini," pungkasnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments