Rabu, 12 Agustus 2020

Lelang Jabatan Sekda Provinsi Jambi Dipersiapkan


Minggu, 19 Januari 2020 | 22:00:50 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi Pahari menyampaikan bahwa lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi saat ini sedang disusun persiapannya. Tahapannya pun baru penunjukan pejabat dari Kemendagri dan Kemenpan RB.

"Kedua kementerian itu baru balas surat kita, terkait nama pejabat yang ditunjuk sebagai Panitia Seleksi (Pansel) Sekda," sampainya, Minggu (19/1/2020).

Selanjutnya Pahari menyebut prosesnya tinggal membentuk tim. Dimana sisa orang di tim Pansel itu berasal dari guru besar Universitas Jambi.

"Tim ini akan berjalan setelah diumumkan resmi dan SK mereka setelah ditandatangani Pak Gubernur. Untuk nama pejabat kementerian sendiri saya belum melihat apakah Dirjen langsung atau lainnya," sampainya.

Ditanya apakah tak akan ada kendala dengan UU Pilkada yang melarang pelantikan pejabat enam bulan sebelum KPU menetapkan pasangan calon, sebagai bagian dari Gubernur Jambi yang akan bertarung di Pilkada 2020, Pahari menyebut tak apa.

"Asalkan ada izin dari Kementerian (Kemendagri) boleh, ini kan karena jabatannya kosong dan jabatan tinggi. UU membolehkan proses lelang dan pelantikan asal ada izin menteri," terangnya.

Untuk izin sendiri, Pahari mengakui belum melangkah ke tahapan itu karena sedang pada proses awal.

"Izinnya bisa sebelum proses dimulainya seleksi dan bisa juga sesudah itu, namun kita optimis karena jabatan kososng harus diisi," tegasnya.

Sementara itu untuk hasil lelang tiga Jabatan Tinggi Pratama (JPT) eselon IIa yang telah dimulai dari akhir tahun lalu, Pahari mengatakan saat ini masih berproses di KASN. Ditanya soal kendala belum keluarnya rekomendasi KASN yang sudah lebih dari sebulan, diakuinya belum ada kendala.

"Untuk kendala belum ada dan masih berporses di KASN, setelah terbit izin KASN kita akan langsung minta izin ke Kemendagri," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments