Senin, 3 Agustus 2020

Pemprov Jambi Respon Lima Tawaran Kerjasama Dari Sumbar


Selasa, 21 Januari 2020 | 10:31:43 WIB


Rapat tawaran kerjasama Pemprov Jambi bersama Sumatera Barat dipimpin Pj. Sekda, Sudirman
Rapat tawaran kerjasama Pemprov Jambi bersama Sumatera Barat dipimpin Pj. Sekda, Sudirman / istimewa

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi merespon positif surat dari Pemprov Sumatera Barat terkait keinginan meningkatkan kerja sama antara dua provinsi itu.

"Terkait kerja sama yang akan direncanakan, Pemprov Jambi ingin merumuskan terlebih dahulu kesepakatan dan menyusun rencana, sebelum utusan Pemprov Jambi berkonsultasi dengan Pemprov Sumatera Barat," kata Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman di Jambi, Selasa.

Secara khusus Sekda Provinsi Jambi , Senin (19/1) mengumpulkan para Asisten II kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pariwisata dan OPD tekait kabupaten/kota di ruang utama kantor Gubernur Jambi.

Dalam rapat membahas tawaran kerja sama Pemprov Jambi bersama Sumatera Barat itu, Sekda didampingi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Agus Sunaryo, Kepala Biro Pembangunan dan Kerjasama Setda Provinsi Jambi Novriadi, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan para OPD terkait.

"Ada lima poin yang telah kita sepakati dengan kabupaten/kota yang akan kita kerja samakan dengan Pemerintah Sumatera Barat yaitu pariwisata, kebudayaan, lingkungan, infrastruktur dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari," kata Sudirman.

Semua masukan dari OPD kabupaten/kota ditampung terlebih dahulu dulu, untuk kemudian Pemprov Jambi melalui surat gubernur akan merespon positif kerja sama yang akan dilaksanakan, baru diadakan pertemuan untuk merumuskan semua yang akan dikerjasamakan.

Selanjutnya, kata dia, akan dibentuk tim yang akan menindaklanjuti kerja sama itu, karana payung hukum perjanjiannya nanti antara Gubernur Jambi dengan Gubernur Sumatera Barat. Sedangkan pelaksanaan teknisnya di lapangan masing-masing instansi.

"Misalnya Dinas Pariwisata Provinsi Jambi dengan Dinas Pariwisata Sumatera Barat, antara dinas yang bersangkutan, contohnya Sumatera Barat akan memanfaatkan pinggiran Sungai Batanghari yang seiliran sebagai momentum Pemalayu untuk dijadikan kalender wisata bersama di Solok Selatan, Solok, Dharmasraya, Bungo, Tebo, Muarojambi dan Kota Jambi," kata Sudirman menjelaskan.

Sebab itu Sudirman mengharapkan dengan adanya perencanaan kerja sama yang dibuat akan meningkatkan pendapatan bagi masyarakat.

"Kita sangat mengharapkan dengan adanya kerja sama yang dibuat bisa menguntungkan bagi kedua belah pihak dengan tujuan menyejahterakan masyarakat, agar pendapatan mereka bisa bertambah dan sejahtera," ujarnya.

Sudirman juga berharap hasil rapat melahirkan kesepakatan untuk penyusunan agenda sebagai bahan konsultasi Pemprov Jambi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

"Setelah kita bahas secara matang, nantinya akan kita adakan penandatanganan agenda pembangunan untuk dilaksanakan di daerah masing-masing. Pemprov Jambi akan memantau dan memfasilitasi," kata Sudirman menambahkan.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments