Jumat, 28 Februari 2020

Penghafal Kitab Suci Bisa Masuk Tanpa Tes di Unja


Selasa, 21 Januari 2020 | 15:09:48 WIB


Universitas Jambi
Universitas Jambi / Nita Priyanti/metrojambi.com

JAMBI-Universitas Jambi (Unja) memberikan fasilitas khusus bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/MA penghafal Al-Qur'an 30 juz. Kebijakan tersebut dibuat oleh rektor untuk masuk ke Unja tanpa mengikuti seleksi tes.

Kepala Humas Universitas Jambi, Akbar Kurnia Putra mengatakan untuk tahun kemarin ada sekitar 12 mahasiswa yang masuk melalui jalur ini. Selasa, (21/01/2020).

"Kita tidak diskriminatif ya, bukan hanya untuk penghafal Al-Qur'an saja yang bisa masuk melalui jalur ini. Untuk penghafal kitab suci dengan kepercayaan yang lain, kita juga menerima," ujarnya.

"Misalnya ada yang hafal kitab Injil, kita juga menyediakan jalur itu dan menerimannya," Jelas Akbar.

Dengan jalur ini, calon mahasiswa bisa bebas memilih jurusan yang diinginkannya tanpa jalur tes seleksi. Sementara itu, Unja juga sudah memiliki trik khusus untuk memastikan calon mahasiswa hafiz Al-Qur'an yang telah hafal 30 juz.

"Kita telah memiliki tim penilai untuk memastikan calon mahasiswa ini apa memang benar-benar menguasai dan hafal 30 juz Al - Qur'an," katanya.

Dia mengatakan, kebijakan rektor tersebut agar generasi muda bisa untuk mengikuti jejak mereka dalam menghafal Al-Qur'an.

"Sejauh ini mahasiswa yang masuk ke perguruan tinggi ini melalui jalur tersebut, semuanya Alhamdulillah berprestasi," pungkasnya.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments