Sabtu, 29 Februari 2020

Sungai Meluap Akses Jalan di Merangin Terendam Banjir


Selasa, 21 Januari 2020 | 16:32:40 WIB


Jalan di Merangin terendam banjir
Jalan di Merangin terendam banjir / Andi/Metrojambi.com

BANGKO – Aktivitas warga Desa Lantak Seribu, Kecamatan Ranah Pamenang, Kabupaten Merangin, Selasa (21/1/2020) pagi, sempat tertanggung karena akses jalan di daerah tersebut terandam banjir.

Akses jalan di Desa Lantak Seribu tersebut terendam banjir akibat meluapnya air Sungai Rasau. Sejumlah kendaraan juga mogok akibat memaksa melintas di jalan yang terendam banjir tersebut.

“Sungai Rasau meluap. Ketinggian air di jalan mencapai 70 centimeter,” ujar Kepala Desa Lantak Seribu Samono saat dikonfirmasi.

Tidak hanya masyarakat umum, Samono mengatakan aktivitas anak sekolah juga terganggu. Hal ini disebabkan jalan yang terendam banjir tersebut merupakan satu-satunya akses jalan bagi warga.

“Siang tadi air sudah mulai surut. Mobil jenis truk sudah bisa melintas,” sebut Samono.

Lebih lanjut Samono mengatakan, tidak hanya jalan, luapan air Sungai Rasau juga merendam lahan perkebunan kelapa sawit milik warga. Samono memastikan warga mengalami banyak kerugian, karena baru saja selesai menyebar pupuk.

"Pupuk warga hanyut karena belum menyerap. Udel karet warga juga banyak hanyut. (Lahan yang terkena dampak, red) luas, bukan hanya satu atau dua hektare. Kerugian warga banyak,” pungkasnya.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments