Minggu, 5 April 2020

Siswa SMK 4 Kota Jambi Diharapkan Miliki Kemampuan Berwirausaha


Senin, 05 Agustus 2019 | 22:39:49 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI – Siswa Sekolah Menengah Atas (SMK) Negeri 4 Kota Jambi saat ini tengah mengikuti praktikum atau lebih dikenal dengan Produk Kreatif dan Kewirausaan (PKWU). Dengan teliti dan fokus, para siswi ini memotong setiap helai kain yang nantinya akan dijadikan pakaian siap jadi dan akan dipasarkan di masyarakat sesuai permintaan pelanggan.

Ketua Jurusan Tata Busana atau TBS SMK Negeri 4 Dwi Herwati menyebutkan saat ini, siswanya sedang mengikuti kegiatan praktikum.

“Mereka mempraktikkan langsung bagaimana membuat pola, mengunting, menjahit hingga pakaian menjadi sempurna dan siap dikenakan. Setelah pakaian jadi akan dipasarkan ke pelanggan," kata Dwi, Senin (5/8/2019).

Menurutnya, kegiatan PKWU ini bertujuan membekali siswa memiliki skill kreatif dan inovatif dalam berwirausaha atau melihat peluang bisnis di masyarakat melalui usaha menjahit atau tailor.

"Nanti setelah tamat, bagi yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, dapat bekerja atau membuka usaha secara mandiri," imbuhnya.

Kegiatan PKWU ini diikuti siswi Kelas XI dan Kelas XII untuk semua jurusan, karena SMK Negeri 4 memiliki 4 jurusan, yakni Jurusan Tata Busana, Tata Boga, Tata Kecantikan wajah dan kulit, dan Jurusan Perhotelan.

"Saat ini, semua jurusan yang ada di SMK Negeri 4 melakukan kegiatan PKWU," katanya.

Dwi berharap, para siswa dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan bisa mengamalkan ilmunya di rumah, sehingga nantinya pakaian yang dihasilkan menjadi daya tarik pelanggan untuk membelinya.

"Minimal alumni SMK Negeri 4 bisa mandiri dan memiliki usaha sesuai jurusan yang ia pilih selama bersekolah," pungkasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments