Rabu, 26 Februari 2020

Tiga Bacagub Jambi Tak Hadiri Fit And Proper Test di DPP PKB


Kamis, 23 Januari 2020 | 10:18:46 WIB


DPC PKB Kota Jambi
DPC PKB Kota Jambi / dok/metrojambi.com

JAMBI – Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jambi yang mendaftarkan diri di penjaringan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dipanggil ke DPP PKB untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Hampir semua Bacagub yang mendapat panggilan ke Jakarta hadir kecuali, gubernur petahana Fachrori Umar, Walikota Jambi Sy Fasha, dan Walikota Sungai Penuh Asafri Jaya Bakri. Ketiganya berhalangan hadir karena ada kesibukan lain, ini disampaikan melalui surat.

Ketua DPW PKB Provinsi Jambi Sofyan Ali mengatakan, pemanggilan ini merupakan rangkaian dari tahapan penjaringan. Mereka yang dipanggil untuk menjalani fit and proper test telah dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi.

“Mereka dipanggil untuk uji kelayakan hari ini. Ini salah satu tahapan internal sebelum dikeluarkannya rekomendasi dukungan,” kata Sofyan Ali yang saat ini duduk sebagai anggota DPR RI Dapil Jambi.

Disampaikan Sofyan, dari semua kandidat yang terjaring yang ia ketahui, hanya Fachrori Umar dan Sy Fasha berhalangan hadir. Ini disampaikan keduanya melalui surat tertulis yang terima.

“Semuanya datang, kecuali pak Fachrori dan pak Fasha. Keduanya tidak hadir karena ada kesibukan,” katanya.

Karena tidak bisa hadir sesuai jadwal, keduanya meminta penjadwalan ulang untuk uji kelayakan dan kepatutan. Namun apakah bisa atau tidak, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada tim desk Pilkada DPP PKB.

“Itu ranahnya desk Pilkada. Tapi biasanya bisa menyusul,” ungkapnya.

Soal kapan PKB mengeluarkan dukungan untuk Bacagub Jambi, Sofyan mengatakan, pihaknya menunggu dari DPP. Karena jika sudah di pusat, keputusannya ada di tangan DPP.

“Kita tunggu saja. Yang jelas tahapan dari bawah sudah kita sampaikan,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Uji Kelayakan DPP PKB Eko Suprianto menambahkan, sebenarnya ada tiga nama yang berhalangan hadir minta penjadwalan ulang uji kelayakan.

"Pak Fachrori, Fasha, dan AJB akan menyusul, mereka masih ada agenda jadi tidak bisa hadir," katanya.

Ia menjelaskan, sesuai absen Bupati Merangin Al Haris sebagai kandidat pertama yang mengikuti uji kelayakan dan terakhir Ramli Taha. Untuk detail apa saja yang menjadi pembahasan kata dia, itu ranahnya DPP PKB.

"Yang pasti itu (uji kelayakan) menjadi acuan DPP sebelum melabuhkan dukungan," ujarnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments