Jumat, 28 Februari 2020

5.312 Gas LPG 3 Kg Subsidi Diajukan Tahun 2020


Kamis, 23 Januari 2020 | 14:36:22 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Sebanyak 5.312 Metrik Ton (MT) gas subsidi LPG 3 Kg pada tahun 2020 ini diajukan ke Pertamina. Pasalnya, kebutuhan gas di Provinsi Jambi diprediksi akan mencapai 71.719 MT.

Kepala Biro Ekonomi dan Sumberdaya Alam Mukhtamar Hamdi mengatakan, usulan penambahan kuota gas subsidi ini berasal dari kabupaten/kota. "Kita hanya mengakomodir, dan meneruskanya ke pusat," ujarnya.

Disampaikan Mukhtamar, usulan penambahan kuota tersebut berdasarkan perhitungan realisasi tahun kemarin dan perhitungan kebutuhan lapangan.

Diketahui bahwa realisasi kuota gas subsidi 3 Kg se Provinsi Jambi di tahun 2019 sendiri sebanyak 66.407 MT. Dimana Kota Jambi menjadi pengguna gas LPG 3 Kg terbesar, yakni sebanyak 16.205 MT. Lalu disusul Kabupaten Muaro Jambi sebanyak 7.287 MT.

Saat ditanyakan mengenai rencana Pemerintah pusat mencabut gas Subsidi 3 Kg pada pertengahan tahun mendatang, Mukhtamar menilai itu lebih baik, agar subsidi menjadi lebih efesien dan tepat sasaran.

"Kita pernah mengajukan usulan untuk pemberian subsidi LPG itu sama seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Dinas Sosial, jadi benar-benar tepat sasaran," jelasnya.

Seringkalinya terjadi kelangkaan gas dan kuota yang tidak cukup, menurut Mukhtamar karena disebabkan oleh penyaluran LPG subsidi yang tidak tepat sasaran.

"Bahkan, bisa jadi di daerah-daerah perbatasan itu, kuota untuk Provinsi Jambi dijual ke luar. Kita pun tidak bisa memantau di daerah-daerah perbatasan tersebut," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments